Total 1.238 Jamaah Haji Banyuwangi Dilepas Bupati Ipuk Menuju Embarkasi Surabaya

BANYUWANGI || Bratapos.com – Sebanyak 1.238 Jama’ah Haji Kabupaten Banyuwangi yang terbagi dalam Kelompok Terbang (Kloter) 57, 58, 59 dan 60 Resmi dilepas dan diberangkatkan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, pada Sabtu (25/05/2024) malam.

Pelepasan Jama’ah Haji tersebut, bertempat di depan Kantor Bupati Banyuwangi dengan mengendarai 27 Armada Bus menuju Asrama Haji Embarkasi Sukolilo (AHES) Surabaya.

Dalam sambutannya, Bupati Ipuk mengungkapkan rasa syukur dan harapan agar seluruh Jama’ah Haji dapat menunaikan ibadah dengan lancar dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat.

“Kami semua mendoakan agar para Jama’ah dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik. Menjadi haji yang mabrur, kembali dengan selamat, membawa keberkahan bagi keluarga dan masyarakat Banyuwangi,” ujar Bupati Ipuk.

Lebih lanjut, Bupati Ipuk berpesan kepada para Jama’ah, untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi seluruh arahan dari para Petugas Haji selama berada di Tanah Suci.

Bupati juga mengingatkan, kepada seluruh Jama’ah untuk berperilaku yang baik, menjaga nama baik daerah, taat hukum dan aturan yang berlaku di Arab Saudi.

“Jaga kekompakan dan saling membantu sesama Jama’ah, doakan Banyuwangi, agar terus dilindungi ALLOH SWT, dimudahkan segala urusan,” harapnya.

Sebelumnya, dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Banyuwangi, Dr. H. Chaironi Hidayat mengatakan, bahwa Jama’ah Haji yang berangkat sejumlah 1.238 orang. Jama’ah termuda bernama Khotib Nur Yasin umur 19 tahun dari Kecamatan Srono.

“Sedangkan untuk Jama’ah tertua bernama Lamiran bin Warso, umur 99 tahun asal Kecamatan Sempu,” terang Chaironi.

Chaironi menambahkan, keberangkatan Jama’ah Haji tahun ini dibagi dalam beberapa kelompok terbang (Kloter) 57, 58, 59, dan 60 yang akan berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, menuju Tanah Suci Mekkah.

“Jama’ah haji Banyuwangi masuk dalam gelombang kedua, terbang langsung menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Banyuwangi yang telah menfasilitasi seluruh kebutuhan dan sarana pendukung untuk para Jama’ah, seperti kesehatan dan transportasi dengan baik.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor