Tingkatkan Pemahaman, PJ. Bupati Himbau Para Calon Jamaah Haji Manfaatkan Waktu

PROBOLINGGO// Bratapos.com – Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, buka acara bimbingan manasik haji dan pertemuan dengan calon jamaah haji di Auditorium Madakaripura, Kantor Bupati Probolinggo, Senin (6/5/2024).

Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Rita Erik Ugas Irwanto, Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo, KH Wasik Hannan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, H Samsur, Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo, Kiai Abdul Hamid, Ketua PCNU Kota Kraksaan, H Ahmad Muzammil, serta beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Ugas Irwanto, dalam sambutannya, mengajak seluruh calon jamaah haji Kabupaten Probolinggo untuk memanfaatkan kesempatan pembinaan tersebut dengan sebaik mungkin. Ia menekankan pentingnya memenuhi persyaratan dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum menjalani ibadah haji.

Apabila ada yang tidak dipahami dalam pelaksanaan bimbingan manasik ini, Pj Bupati Ugas meminta agar tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji, sehingga mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji. “Terus memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan kesehatan sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan manasik haji hingga selesai,” ungkapnya

Selain itu, Ugas juga menyoroti perlunya pengetahuan tentang manasik haji, karena hal ini sangat memengaruhi kelancaran dan kualitas pelaksanaan ibadah haji. Ia mendorong agar setiap peserta bimbingan dapat memperhatikan materi yang disampaikan dengan seksama.

Samsur, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo mengatakan “Jamaah haji harus selalu menjaga kesehatan selama berada di Arab Saudi sehingga dapat melakukan ibadah baik rukun wajib serta sunnah secara maksimal. Menjaga diri terutama tidak memforsir untuk ibadah umroh berkali-kali khususnya sebelum pelaksanaan ibadah haji yang wajib. Setelah itu bisa berkali-kali melaksanakan ibadah umroh sunnah,” ujarnya

Samsur juga mengimbau kepada para calon jamaah haji agar dapat menjaga kesehatan dan mentaati ketentuan selama perjalanan serta menjalani ibadah dengan penuh keikhlasan. Tahap persiapan dan pengenalan terhadap manasik haji diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik dan benar mengenai pelaksanaan ibadah haji.

Reporter: Jhon Qudsi

Editor/ Publisher : Shelor