Tingkatkan Mutu Pendidikan Vokasi, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Lakukan Pendatanganan MoU Dengan PHRI Sumsel

Bratapos Sumsel289 Dilihat

Palembang II bratapos.com

Penandatanganan MoU Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin 19 Februari 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, H.Teddi Meilwansyah,S.STP,MM,MPd mengatakan, dalam mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Pendidikan terus mendorong kerja sama antara Vokasi, Dinas dunia usaha/dunia industri dengan SMK. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Salah satu langkah konkretnya adalah dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Penandatanganan MoU Dinas Pendidikan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) merupakan bentuk keseriusan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang SMK dalam berkontribusi nyata meningkatkan sumber daya manusia dan mewujudkan kemitraan antara industri dan SMK. Secara Kota Kesepahaman mencakup yakni Penyelarasan kurikulum berbasis dunia usaha//dunia industri, membentuk kelas industri (kelas perhotelan), penempatan praktisi tenaga sebagai pendidik/ instruktur. Kemudian penempatan Program Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa, Program Magang guru, sertifikasi guru dan siswa dan rekrutmen kerja bagi lulusan yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan kebutuhan hotel dan restoran.

Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menyadari bahwa ada peran penting PHRI. Melalui kegiatan ini diharapkan Dinas Pendidikan dan PHRI berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan membuka peluang baru bagi kedua belah pihak untuk berbagi pengalaman dan pengembangan inovasi yang bermanfaat bagi SMK khususnya pada industri perhotelan, pariwisata, dan restoran.
“Untuk mengoptimalkan pendidikan dan pelatihan okasi SMK di Provinsi Sumatera Selatan, diperlukan peningkatan kapasitas SDM. Oleh sebab itu saya menyambut baik kegiatan penandatanganan MoU aptara Dinas Pendidikan dengan Perhimpunan Hotel dan Indonesia (PHRI) saya mengapresiasi kepada Restoran bidang SMK yang telah menginisiasi kegiatan ini. Semoga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan vokasi di Sumatera Selatan khususnya SMK Prodi Perhotelan, Kuliner dan Teknik Keteganalistrikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Mondyaboni,SE,S.Kom,MSi menambahkan, kegiatan ini merupakan program kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan bersinergi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi sebagai wujud implementasi Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Lebih lanjut, Mondyaboni menuturkan, tujuan Kegiatan adalah memperkuat kerja sama dan membuka peluang baru bagi kedua belah pihak untuk berbagi pengalaman dan pengembangan inovasi yang bermanfaat untuk SMK dan industri perhotelan, pariwisata, dan restoran. Meningkatkan partisipasi Dunia Usaha/Dunia Industri Mendorong partisipasi dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, dan membekali Tenaga Kerja yang kompeten sesuai dengan standar Dunia Usaha Dunia Industri yang siap kerja dan/wirausaha.

“Jumlah SMK di Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 325, SMK. SMK Program Keahlian Perhotelan dan Kuliner berjumlah 32 sekolah,, dan SMK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan berjumlah 34.se-Sumatera Selatan,” tuturnya.

Dia menerangkan, Ruang Lingkup Program Kerjasama dengan PHRI di antaranya Penyelarasan kurikulum berbasis dunia usaha/dunia industri, Membentuk kelas industri (Kelas Perhotelan), Penempatan praktisi atau tenaga ahli sebagai pendidik / instruktur, Penempatan Program Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa, Program Magang guru, Seritifikasi guru dan siswa, Rekrutmen kerja bagi memenuhi kualifikasi lulusan sesuai kebutuhan hotel dan restoran.

“Bentuk kegiatan adalah penandatanganan MoU Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Perhimpunan Hotel dan dengan Restauran Indonesia (PHRI) khusus untuk SMK Program Keahlian Perhotelan, Kuliner dan Tenaga Kelistrikan.Penyerahan Sertifikat dari PHRI ke SMK sebagai bukti sudah bergabung menjadi anggota PHRI,” bebernya.

Ditempat yang sama, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Kurmin Halim menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi MoU dengan Dinas Pendidikan Sumsel bidang SMK. “Ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap pengembangan keahlian siswa SMK, agar kedepan mereka memiliki skill. Sehingga tidak sulit beradaptasi saat terjun ke dunia kerja,” pungkasnya.

Pewarta karman69