Tingkatkan Kemampuan Fisik Anggota, Kodim 0825/Banyuwangi Gelar Ganjas Periodik dan Garjas UKP

BANYUWANGI || Bratapos.com – Kodim 0825/Banyuwangi menggelar kegiatan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2024 dan Garjas UKP di lapangan GOR Tawang Alung Banyuwangi. pada Selasa (07/05/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Prajurit dan PNS Kodim 0825/Banyuwangi yang digelar selama dua hari, Selasa dan Rabu, (7-8 Mei 2024), dengan melibatkan tim pendukung yakni tim pengamanan dari anggota provost dan Intel Kodim 0825/Banyuwangi, tim kesehatan dari Polkes 05.09.21 Banyuwangi, serta tim Jasmani Mliter dari Korem 083/Baladhika Jaya.

Sebelum pelaksanaan Garjas, para peserta melakukan pengecekan kesehatan oleh petugas Medis dari Poskes 05.09.21 Banyuwangi, dilanjutkan dengan senam peregangan yang dipimpin oleh anggota Tim Jasrem 083/Baladhika Jaya.

Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2024 ini meliputi; Garjas A, terdiri dari lari dengan waktu 12 menit. Garjas B, meliputi Pull Up, Push Up, Sit Up, Lunges serta Shuttle Run ditambah ketangkasan renang dasar militer dengan jarak 50 meter.

Dandim 0825/Banyuwangi
Joko Sukoyo, S.Sos., M. (Han) mengatakan, bahwa Garjas Periodik adalah program rutin satuan dalam rangka mengukur dan meningkatkan kemampuan fisik anggota guna mendukung suksesnya tugas pokok.

“Tes kesegaran jasmani secara periodik adalah program rutin dari Komando Atas sebagai tolak ukur pembinaan satuan. Garjas juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi para prajurit dengan kriteria sesuai dengan standart kelulusan yang telah ditentukan,” kata Dandim 0825/Banyuwangi.

Sementara Pasipers Kodim
0825, Kapten Czi Sahar Susanto dan Kajasrem 083, Mayor Inf Eko, saat memberikan pengarahan kepada seluruh peserta yang mengikuti Tes Garjas menyampaikan, bahwa dalam melaksanakan kegiatan ini menekankan para peserta untuk bersungguh-sungguh dengan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu, juga tetap mengutamakan faktor keamanan dan disesuaikan kemampuan masing-masing.

Usai pelaksanaan Tes Ganjas A dan B, dilanjutkan dengan Tes Ketangkasan renang yang bertempat di kolam renang Desa Wisata Oseng Kemiren.

Mayor Inf Eko Kajasrem 0825/Banyuwangi menambahkan, seluruh rangkaian kegiatan Garjas Periodik I Tahun 2024 dan Garjas UKP berjalan dengan lancar dan aman.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, terima kasih kepada seluruh Tim Pendukung yang turut mensukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor