StoreInd.com, Platform E-Commerce untuk UMKM Kota Madiun yang Dibangun oleh Alumni SMAN 2

foto : Wakil WaliKota Madiun Inda Raya Memamerkan Salah Satu Prodak UMKM Asli Kota Madiun.

KOTA MADIUN || Bratapos.com – Banyak produk unggulan yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM di kota ini, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, fashion, hingga agrobisnis. Namun, tantangan yang dihadapi oleh UMKM adalah bagaimana memasarkan produk mereka secara lebih luas dan efektif, terutama di era digital saat ini.

Untuk menjawab tantangan tersebut, sekelompok alumni SMA Negeri 2 Madiun yang tergabung dalam organisasi Swasmada (Sinergi Wirausaha Alumni SMS Negeri 2 Madiun) menggagas sebuah platform e-commerce yang diberi nama StoreInd.com. Platform ini bertujuan untuk menjadi pasar digital bagi UMKM Kota Madiun, yang memungkinkan mereka untuk menjual produk mereka secara online dengan mudah dan murah.

foto : Wakil WaliKota Madiun Inda Raya Memberi Pemaparan Terhadap Para Pelaku UMKM.

StoreInd.com diluncurkan secara resmi pada Rabu, 3 Januari 2024, di hadapan para pelaku UMKM, pemerintah kota, media, dan mitra kerja. Acara peluncuran ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya, yang juga merupakan salah satu anggota Swasmada dan alumni SMAN 2 Madiun angkatan tahun 2000. Inda Raya mengatakan bahwa StoreInd.com adalah hasil karya putra daerah yang ingin memberikan kontribusi positif bagi perkembangan UMKM di kota kelahirannya.

“Kami berharap dengan adanya StoreInd.com, UMKM Kota Madiun bisa go digital, go online, dan go global. Kami ingin membantu UMKM untuk meningkatkan omset, pangsa pasar, dan kualitas produk mereka. Kami juga ingin menunjukkan bahwa anak-anak Madiun bisa berinovasi dan berkarya di bidang teknologi,” ujar Inda Raya.

Salah satu keunggulan StoreInd.com adalah adanya kerjasama dengan PT. Pos Indonesia, yang memberikan fasilitas pengiriman atau ekspedisi dengan biaya rendah bagi para merchant yang menggunakan platform ini. Selain itu, StoreInd.com juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti multibahasa, tema-tema variatif, manajemen inventori, dan integrasi dengan media sosial dan mesin pencari.

StoreInd.com dikembangkan oleh PT. Mapan Digital Solutions, sebuah perusahaan start-up asli Madiun yang dipimpin oleh CEO Yahya Adi Mulya, seorang konten kreator yang dikenal dengan video-video kuliner di YouTube dan media sosial.Yahya Adi Mulya mengatakan bahwa StoreInd.com adalah platform e-commerce yang ramah pengguna, baik bagi penjual maupun pembeli.

“Kami ingin membuat platform e-commerce yang mudah digunakan, cepat, dan aman. Kami juga ingin memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi para pembeli, dengan menyediakan produk-produk berkualitas dari UMKM Kota Madiun. Kami berharap StoreInd.com bisa menjadi solusi bagi UMKM untuk bersaing di pasar digital,” kata Yahya Adi Mulya.

StoreInd.com saat ini sudah memiliki ratusan merchant yang terdaftar, yang menjual berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, fashion, hingga agrobisnis. StoreInd.com juga terus membuka kesempatan bagi UMKM lainnya untuk bergabung dan memanfaatkan platform ini. StoreInd.com juga memberikan bimbingan dan pendampingan bagi UMKM terkait perizinan, verifikasi produk, dan pemasaran online.

StoreInd.com adalah sebuah platform e-commerce yang lahir dari semangat kolaborasi dan sinergi antara alumni SMAN 2 Madiun, UMKM Kota Madiun, pemerintah kota, dan mitra kerja. StoreInd.com ingin menjadi wadah bagi UMKM untuk berkembang dan berdaya saing di era digital. StoreInd.com ingin membuktikan bahwa UMKM Kota Madiun bisa go digital, go online, dan go global.

Pewarta : Jhon Mongaz

Editor/Publisher : Yatno Widodo