Serka Aris & Serda Ichsan Sambangi Kampung Blangkon

SURAKARTA || Bratapos.com – Babinsa Kelurahan Serengan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Serda Ichsan Agung Nugroho melaksanakan Komsos dengan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Pengrajin Blangkon bersama Bapak Latif di Kampung Potrojayan, Kelurahan Serengan Kecamatan Serengan Kota Surakarta, (5/11/2023).

Banyaknya perajin Blangkon membuat wilayah di Potrojayan, Kelurahan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah sehingga ditetapkan menjadi Kampung Blangkon.
Pusat pembuatan blangkon di lokasi ini, diperkirakan sudah ada sejak 1970-an, setelah Mbah Joyo, pembuat Blangkon kawasan Keraton Surokarto Hadiningrat.

Kemudian, Mbah Joyo berpindah tempat tinggal di Potrojayan, dan mempelopori industri pembuatan Blangkon yang berkembang pesat saat ini. Pada 1986, barulah wilayah ini disebut sebagai Kampung Blangkon.

Pembuatan Blangkon di kampung ini tidak hanya mengerjakan model Solo, tetapi juga melayani model lain, sehingga, banyak dari wilayah Yogyakarta, Ponorogo, Surabaya hingga Kota besar di Pulau Jawa memesan dari Kampung Belangkon ini.
“Kalau tempat saya, setiap harinya bisa membuat 100 Blangkon dengan Empat karyawan. Tergantung pesanannya, kami kekuatannya dipesan relasi kami,” kata Bapak Latif.

Serka Aris mengungkapkan bahwa Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan, serta merupakan sarana Babinsa untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat di wilayah binaannya. Salah satunya dengan mendatangi warga yang mempunyai UMKM pengerajin Blangkon di wilayah Serengan.

Serda Ichsan menambahkan, sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya, agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik.Serta dapat memberikan motivasi dan ide-ide yang dapat memajukan dan mengembangkan usaha-usaha kecil yang ada di wilayah binaannya.

“Kegiatan semacam ini rutin dilakukan untuk menjaga hubungan silaturahmi dan sekaligus mendengarkan apa yang menjadi keluhan warga, terkait pengembangan usaha mereka, ” Tegas Serda Ichsan.