Sebanyak 201 Penyuluh Agama Islam se-Banyuwangi Ikuti Pembinaan Bertajuk “Sapa Penyuluh”

BANYUWANGI || Bratapos.com – Refleksi Hari Amal Bhakti ke-78, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuwangi menggelar penyuluhan terhadap seluruh penyuluh Agama Islam yang bertajuk “Sapa Penyuluh” di Agrowisata Alam Indah Lestari (AIL) Kecamatan Blimbingsari, pada Rabu (07-02-2024).

Seluruh Penyuluh Agama Islam yang terdiri dari PNS, PPPK dan Non PNS Hadir dalam acara tersebut, sebanyak 201 penyuluh se-Banyuwangi mengikuti kegiatan dengan Khidmat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat yang akrab di panggil Pak Roni, memberikan motivasi kepada para penyuluh untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, baik yang PNS, P3K maupun Non PNS, karena tugas semua penyuluh adalah sama, meskipun statusnya berbeda.

“Rizqi sudah ada yang mengatur, sedangkan tugas kita adalah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya”, kata Chaironi Hidayat.

Lebih lanjut Chaironi menyampaikan, bahwa tugas penyuluh ada pada dua alam, yaitu alam birokrasi yang harus sesuai dengan ketentuan, dan alam masyarakat yang harus fleksibel  sesuai dengan kondisi lingkungan.

“Mengingat tugas penyuluh disamping memberikan pembinaan dan penyuluhan, juga sebagai pengayom dan panutan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Chaironi juga memberikan apresiasi kinerja penyuluh yang mensukseskan program Kementerian Agama dan KUA, seperti BRUS dan Binwin, begitupun dengan pendataan keagamaan.

Terkait dengan masa tugas Penyuluh Agama Islam non PNS yang berahir tahun ini, dirinya berharap tetap optimis dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Diakhir kegiatan, seluruh Penyuluh bernyanyi bersama membawakan lagu Kemesraan karya musisi kondang Iwan Fals.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor