Rakor Forkopimda Kota Madiun, Bahas Persiapan Pemilu 2024

foto : Rakor Forkopimda Kota Madiun Dalam Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024.

KOTA MADIUN || Bratapos.com – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024, Forkopimda Kota Madiun menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait di Gedung Diklat, Jalan Duku No.01 Kota Madiun, Senin (12/2/2024). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 orang yang terdiri dari unsur pemerintah, TNI, Polri, KPU, Bawaslu, serta perwakilan masyarakat.

Rapat koordinasi tersebut, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh semua pihak dalam menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Madiun. Selain itu, rapat ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi dan menangani potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi sebelum, saat, dan sesudah pemilu.

foto : Peserta Rakor Pengamanan Pemilu Serentak di Gedung Diklat Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Walikota Madiun Dr. Drs. H.Maidi SH MM M,Pd menyampaikan harapannya agar Pemilu 2024 di Kota Madiun dapat berjalan lancar, aman, damai, dan demokratis. Ia juga mengingatkan kepada KPU Kota Madiun untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait kondisi cuaca hujan yang dapat mengganggu proses pemungutan dan penghitungan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami menekankan pentingnya mekanisme pelaksanaan pemilu serentak yang harus dilakukan secara maksimal dan profesional. Kami juga meminta agar setiap TPS memiliki tempat evakuasi yang siap digunakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas WaliKota.

Sementara itu, Kapolres Kota Madiun AKBP Agus Dwi Suryanto S.I.K. M.H menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak dalam menghadapi Pemilu 2024. Pertama, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan tidak golput.

“Dan kami informasikan bahwa Polres Kota Madiun, akan memberikan insentif berupa makan gratis dan nonton bioskop gratis bagi 200 pemilih pertama di setiap TPS, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi partisipasi pemilih,” ujar Kapolres.

Kapolres Madiun Kota, juga menginstruksikan kepada tiga pilar, yaitu pemerintah, TNI, dan Polri, untuk memaksimalkan tugas dan tanggung jawab mereka dalam pelaksanaan pemilu serentak.

“Kami berharap agar Kota Madiun yang dikenal sebagai Kota Pendekar dan basis dari perguruan silat dapat menjaga situasi dan kondisi yang kondusif. Tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Disini kami juga menegaskan bahwa, TNI-Polri bersikap netral dalam pelaksanaan pesta demokrasi dan siap mengawal proses pelaksanaan pemilu serentak,” pungkas Kapolres.

Dilokasi yang sama, Ketua KPU Kota Madiun Bpk. S Wisnu Wardana SH menyampaikan bahwa KPU Kota Madiun saat ini sedang melaksanakan pendistribusian logistik pemilu di wilayah Kota Madiun. Ia juga menyatakan bahwa pemilu pada dasarnya adalah pesta rakyat yang dilaksanakan dengan riang gembira, sehingga ia mengharapkan adanya sosialisasi yang bersifat menyenangkan.

“Untuk meningkatkan animo masyarakat datang ke TPS. Kami mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari semua pihak, khususnya pemerintah daerah, dalam menyiapkan anggaran dan fasilitas untuk pelaksanaan pemilu,” tutup Wisnu.

Untuk diketahui, Rapat koordinasi ini berlangsung selama kurang lebih satu jam dan berakhir dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Forkompinda Kota Madiun, KPU Kota Madiun, dan Bawaslu Kota Madiun untuk menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Madiun.


Pewarta : Jhon Mongaz

Editor/Publisher : Yatno Widodo