Puncak Arus Balik Lebaran, di Daop 7 Madiun Diprediksi Hari Ini

foto : Suasana Arus Balik di Stasiun Madiun.

KOTA MADIUN || Bratapos.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun memprediksi bahwa hari ini, 14 April 2024 (H+3 Lebaran), akan menjadi hari tersibuk dengan puncak arus balik penumpang dari stasiun-stasiun di wilayah operasionalnya.

Sejak pagi hari hingga pukul 09.00, sudah tercatat 12.631 tiket keberangkatan terjual, dan angka ini diperkirakan akan terus meningkat sampai tengah malam. Kesiapan PT KAI Daop 7 Madiun dalam menghadapi lonjakan penumpang ini mencerminkan komitmen mereka untuk memberikan pelayanan terbaik selama periode liburan Lebaran.

“PT KAI Daop 7 Madiun memperkirakan jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun- stasiun Wilayah Daop 7, akan mencapai puncak arus balik pada hari ini. Hal ini didasarkan pada data penjualan tiket yang kami ambil pada pukul 09.00 tadi pagi.” jelas Kuswardojo, Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun (14/4).

foto : Suasana Arus Balik di Stasiun Madiun.

Stasiun Madiun, sebagai stasiun terbesar dan tersibuk di wilayah Daop 7 Madiun, diproyeksikan akan mengalami arus balik yang cukup tinggi. Dari data pagi ini, sekitar 4.307 penumpang akan berangkat dari Stasiun Madiun, sedangkan 3.590 penumpang akan tiba.

Selain Stasiun Madiun, berikut naik turunnya penumpang di beberapa Stasiun Utama wilayah Daop 7 Madiun pada 14 April 2024 (H+3) sampai pukul 09.00 tercatat:

Stasiun Kediri: Naik 1.160, Turun 1.250
Stasiun Jombang: Naik 1.129, Turun 936
Stasiun Kertosono: Naik 807, Turun 822
Stasiun Tulungagung: Naik 1.055, Turun 848
Stasiun Blitar: Naik 977, Turun 990

Dari data ini, jelas terlihat bahwa volume penumpang yang naik di stasiun-stasiun utama wilayah Daop 7 Madiun cukup tinggi, hal ini menunjukkan  bahwa  keretaapi sebagai salah satu moda transportasi pilihan masyarakat pada masa angkutan lebaran kali ini.

Kuswardojo menambahkan, berdasarkan data volume naik turun penumpang dari tanggal 31 Maret hingga 14 April di Daop 7 Madiun, telah terlayani sebanyak 118.748 penumpang berangkat dan 159.974 penumpang tiba. Angka ini mencerminkan tingginya permintaan akan layanan kereta api di wilayah kami selama periode liburan ini.

Dalam menghadapi lonjakan jumlah penumpang, KAI Daop 7 Madiun telah menambah layanan dan memperkuat sistem keamanan serta pengawasan. KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa transportasi kereta api.

“Kami mengimbau kepada para penumpang untuk memperhatikan dengan cermat jadwal keberangkatan dan kedatangan, serta memastikan kedatangan tepat waktu agar tidak mengalami keterlambatan yang tidak diinginkan,” pungkas Kuswardojo.




Pewarta : Jhon Mongaz ( Sumber Humas KAI Daop VII Madiun )

Editor/Publisher : Yatno Widodo