PT Smelting Pertahankan Prestasi Predikat Gold Tentang Manajemen Pengamanan

GRESIK || Bratapos.com. PT Smelting, lagi-lagi mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) obyek vital nasional sektor industri dari Mabes Polri. Tak tanggung-tanggung, di tahun 2024 ini mendapatkan nilai signifikan yakni 97%. Bahkan, perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Gresik ini meraih nilai dengan predikat gold.

Hal itu disampaikan, oleh Dirpamobvit Korsabhara Polri Brigjenpol Suhendri pada rangkaian akhir acara audit re-sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan yang telah dilaksanakan pada tanggal 22-24 April 2024.

Chief of Security PT Smelting, Denny Abriantoro mengungkapan, pencapaian ini berkat kedisiplinan jajaran PT Smelting khususnya satuan pengamanan. “Kami apresiasi apa yang telah diraih oleh Departemen Industrial Security hingga memberikan kontribusi positif kepada perusahaan,” ucapnya.

Menurut Denny, prestasi ini menjadi kelanjutan dari keberhasilan PT Smelting yang sebelumnya telah meraih predikat gold dengan skor 95,43% pada tahun 2021 silam. Skor tersebut berhasil ditingkatkan melalui audit re-sertifikasi yang merupakan bagian dari rangkaian acara perpanjangan yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali.

“Ini menunjukan perusahaan Smelting terus menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan standar keamanan. Pemberian sertifikasi ini mengacu pada peraturan Kapolri nomor 7 Tahun 2019 tentang Sistem Manajamen Pengamanan sebagai tindak lanjut dari keputusan Presiden (Kepres) No 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Objek Vital Nasional,” katanya.

Denny menambahkan, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras dan kolaborasi dari tim audit dan seluruh karyawan PT Smelting, yang telah bekerja dengan tekun, disiplin, dan konsisten untuk memastikan bahwa setiap aspek dari sistem manajemen pengamanan dipelihara dan ditingkatkan.

“Prestasi sertifikasi gold ini bukan hanya mencerminkan dedikasi PT Smelting terhadap keamanan, tetapi juga menegaskan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan standar keamanan yang bertujuan untuk melindungi karyawan dan aset perusahaan. Dengan pencapaian ini, PT Smelting membuktikan bahwa keamanan adalah prioritas utama mereka dalam semua operasi,” pungkasnya.

Dalam acara yang penuh semangat, Dirpamobvit Korsabhara Polri Brigjenpol Suhendri, membuka acara dengan penuh kehangatan. Kemudian diikuti dengan sambutan langsung oleh Irjuniawan Panusunan Radjamin selaku Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis PT Smelting. Acara yang diselenggarakan di Ruang Katoda PT Smelting ini turut dihadiri oleh jajaran manajemen PT Smelting serta karyawan ekspatriatnya.

Ada 118 kriteria yang terbagi ke dalam 5 elemen yang dilakukan oleh tim audit yang merupakan perwakilan dari Porli dan tim audit professional dipimpin oleh Kombespol Dodi Rahmawan, sebagai ketua tim audit, dengan Kompol Agus Indrianto, sebagai sekretaris, serta anggota tim AKBP wachid, Dra. Minarti, dan Wagianto. Sementara itu, sebagai audite dari PT Smelting, hadir Denny Abriantoro, Rifat Thaher, Sampurno, Aditya, Koko, Khafidz, Shandy sebagai tim audit internal PT Smelting.

Pewarta: Jamal Sintaru