Polresta Surakarta Sudah Mulai Persiapan Operasi Mantap Praja 2024 Jelang Rangkaian Pilwalkot

SURAKARTA || Bratapos.com – Pihak Polresta Surakarta mulai ancang-ancang persiapan Operasi Mantab Praja jelang rangkaian Pilwalkot Solo tahun ini.

Hal ini diungkapkan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi didepan awak media di posko cemoro, Selasa (16/04/2024).

Kapolresta Surakarta mengatakan dengan pengalaman pengamanan Pemilu yang baru saja rampung, semangat anggota masih siap untuk menjalanakan operasi tersebut.

“Dari kacamata karateristik kerawanan daerah menjadi perhatian kami tentunya. Terutama di Solo, mengingat Solo ini punya karateritik sendirinya,” kata Kombes.Pol. Iwan.

“Dalam kontesasi politik ditingkat daerah sendiri,pihak Polresta Surakarta masih menunggu siapa calon yang nantinya akan bertarung pada Pilwalkot nanti,” ujarnya.

“Dengan calonnya siapa saja, akan terlihat basis pendukungnya siapa saja dan dimana saja. Dari situ kita baru bisa memetakan kerawanannya,” imbuhnya.

“Tapi setidaknya kita masih punya pengalaman dari Mantab Brata kemarin. Bagaimana polarisasinya, seperti itu menyikapinya. Ibarat mesin, kita masih panas ya, sehingga siap untuk mantab praja,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta Surakarta menjelaskan terkait koordinasi dengan penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU dan Bawaslu kota Surakarta akan terus dilakukan.

“Kita juga masih menunggu update dari penyelenggara. mungkin ada perubahan apa, ada perbedaan apa. akan kita ikuti,” katanya

“Tentu untuk pengamanan akan sama polanya. mulai dari pengamanan lokasi, proses sortir, lipat, sampai distribusi masih sama. Nah titik-titiknya mana saja, kita masih menunggu. apakah masih sama dengan Pemilu kemarin, atau ada lokasi baru,” jelasnya.

“Kapan operasi ini akan digelar tentunya akan bersamaan dengan proses pendaftaran dibuka KPU. Kalau tidak salah pendaftarannya Agustus. Sehingga mungkin akhir Juli kita mulai operasinya,” pungkas Kapolresta. (Arifin)

Writer: ArifinEditor: Widiya