Polemik Kandang Ayam: Warga Lapor Kanda, Pj Bupati Terapkan Kebijakan Terakhir

PROBOLINGGO//Bratapos.com ~ “Kandang ini belum ada ijinnya!!”, demikian tegas Pj Bupati Ugas Irwanto saat memediasi antar warga bersama pemilik kandang yang berlangsung di dusun Masjid desa Paiton kecamatan Paiton. Jum’at, 26/04/2024.

Setelah melakukan rapat terbatas di kantor kecamatan Paiton, Pj Bupati Ugas meluncur meninjau ke lokasi kandang.

Pj Bupati Ugas turun bersama Kapolres Wisnu Wardana SH. SIK didampingi Ka. DLH, Ka. DPMTPSP, Kadis PUPR, Ka. Satpol-PP, Ka Bakesbangpol, Plt. Ka. Pertanian, Plt Kadis Perkim dan Forkopimcam Paiton.

Pj Bupati Ugas menyampaikan harus turun ke lokasi, setelah beberapa kali warga melaporkan keluhan beroperasinya kandang ayam di lingkungan mereka melalui aplikasi Lapor Kand4.

“Lapor Kand4 merupakan jembatan dari masyarakat bawah kepada pemerintah daerah, sehingga tetap menjaga suasana kondusif untuk kabupaten Probolinggo”, jelasnya.

Pj. Bupati Ugas menyampaikan jika permasalahan kandang ini sudah mencapai titik krusial dan perlu penanganan. Saat mediasi Pj. Bupati Ugas memberikan kesempatan kepada warga dan pemilik kandang menyampaikan keluhan dan tanggapannya, dilanjutkan tiap-tiap dinas terkait memberikan penjelasan tentang prosedur membuat kandang dan perijinannya.

Setelah merunut semua berkas yang dimiliki oleh pemilik kandang, ternyata perijinannya masih belum selesai, sehingga dengan tegas Pj. Bupati menyatakan jika kandang tidak berijin.

Namun karena terlanjur telah diisi oleh bibit anak ayam, Pj. Bupati Ugas memberikan kebijaksanaan toleransi hingga sampai panen dan meminta kepada pemilik kandang untuk menghentikan usahanya dan jika mau melanjutkan diminta untuk melengkapi ijinnya terlebih dahulu.

Kepada warga Pj. Bupati Ugas meminta bersabar dan meminta untuk tidak berbuat anarkis serta memberikan jaminan jika kebijakannya sampai dilanggar kemudian diisi bibit anak ayam lagi, maka akan menutup ijin kandang untuk selamanya. Kebijaksanaan tersebut disambut baik oleh warga dusun Masjid Paiton.

Reporter: Wahyu

Editor Publisher: Shelor