Perguruan Silat Tapak Suci dan Pagar Nusa Akan Gelar Kejuaraan Silat di Banyuwangi

BANYUWANGI || Bratapos.com – Banyuwangi akan menjadi tuan rumah dua kejuaraan silat dalam waktu dekat. Kejuaraan tersebut bakal digelar oleh dua organisasi bela diri, Tapak Suci dan Pagar Nusa.

Hal itu disampaikan kedua pengurus organisasi tersebut saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Lounge Pelayanan Publik Banyuwangi, Senin (12/02/2024).

Organisasi Tapak Suci merupakan perguruan pencak silat bagian dari organisasi keagamaan Muhammadiyah. Sedangkan Pagar Nusa adalah organisasi pencak silat  dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Organisasi Tapak Suci Banyuwangi, Yuswan Bahtiar mengatakan jika pihaknya akan menggelar kejuaraan silat tingkat nasional pada bulan April mendatang. Kejuaraan itu akan diikuti 1000 peserta dari seluruh Indonesia.

“Yang digelar Tapak Suci ini adalah kejuaraan silat nasional. Ini adalah gelaran kali ke-2, setelah yang pertama di tahun 1970. Alhamdulillah Banyuwangi dipilih sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan ini, karena nama Banyuwangi yang sudah sangat dikenal,” ungkap Yuswan.

Sementara itu Ketua Pagar Nusa Pengurus Cabang Banyuwangi Ahmad Syifa’mengungkapkan, jika organisasinya juga akan menggelar kejuaraan silat tingkat Jawa Timur pada akhir Februari besok. Sekaligus juga bertepatan dengan pelantikan pengurus baru Pagar Nusa PC Banyuwangi.

“Pertandingan ini akan diikuti 500 peserta dari seluruh Jawa Timur. Kami berharap Ibu Bupati mendukung kegiatan tersebut,” ujar Ahmad.

Sementara Bupati Ipuk menyambut positif kejuaraan silat yang akan digelar oleh Tapak Suci dan Pagar Nusa tersebut. Terutama karena telah mempercayakan kepada Banyuwangi sebagai tuan rumah terselenggaranya dua kejuaraan silat dari dua organisasi besar di Indonesia.

“Terima kasih kepada Tapak Suci dan juga Pagar Nusa yang telah mempercayai Banyuwangi sebagai tuan rumah kejuaraan ini. Kami berharap kedua acara tersebut akan berjalan dengan lancar,” kata Bupati Ipuk.

“Sebagai tuan rumah, tentunya kedatangan banyak peserta dan supporternya akan membawa berkah bagi usaha hotel, homestay dan UMKM kami. Terima banyak atas dukungan pada Banyuwangi,” pungkasnya.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor