Percepat Masa Tanam, Babinsa Koramil 13/Karangawen Bantu Petani Olah Lahan

DEMAK || Bratapos.com – Babinsa Koramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak Serda Arifin melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu menyiapkan lahan sawah untuk Masa Tanam (MT) II seluas 0,25 hektar milik Bapak Fachrudin (51), di area persawahan Dukuh Krajan Lor, Desa Brambang, Kecamatan Karangawen, Selasa (07/05/2024).

Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan program ketahanan pangan dan swasembada pangan nasional. Kali ini pendampingan dilakukan dengan menggemburkan lahan sawah yang akan siap untuk ditanami padi.

“Hari ini kita laksanakan pendampingan pertanian di wilayah. Semoga dengan adanya kita disini dapat membantu para petani mempercepat masa tanam kedua tahun 2024 ini,” ungkap Babinsa disela pendampingan.

Di lokasi terpisah, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Kav Maryoto, S.E., M.Si., M.M., menyampaikan bahwa membaurnya Babinsa di Koramil jajaran Kodim 0716/Demak dengan para petani di wilayah tersebut guna memberikan bantuan dan motivasi kepada petani agar segera mengolah lahan sawahnya demi percepatan masa tanam.

Hal itu dilakukan karena kebiasaan para petani di masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya, dengan alasan kesibukan menjemur padi atau gabah hasil panen, sehingga menyebabkan keterlambatan masa tanam berikutnya.

“Dengan diingatkan dan sosialisasi para Babinsa, diharapkan para petani tidak mengabaikan lahan sehingga tidak ada lahan yang “ngganggur”. Untuk itu, kita perintahkan Babinsa jajaran untuk melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah masing-masing,” pungkas Dandim. (Arifin)

Writer: ArifinEditor: Widiya