Perayaan Natal Oikumene Desa Sungai Lama Dipadati Ratusan Umat Kristiani

Asahan || Bratapos.com – Perayaan Natal Oikumene Desa Sungai Lama, Kecamatan Simpang Empat , Kabupaten Asahan bertempat di Wisma HKBP Rambung Merah, berlangsung meriah dan sukacita,Kamis (28/12/2023).

Perayaan Natal Oikumene di desa ini baru pertama sekali dilaksanakan mengingat Desa Sungai Lama ini salah satu desa di Kabupaten Asahan yang memiliki masyarakatnya banyak memeluk agama Kristen

Menurut pantauan awak media , mulai jam 10.00 wib nampak jelas masyarakat berbondong-bondong memasuki pekarangan Wisma HKBP dan dengan tertib warga yang disambut seksi bagian tamu memasuki gedung acara perayaan Natal tersebut.

Masyarakat yang hadir dalam perayaan ini di perkirakan sembilan ratusan lebih jemaat lebih dari 9 gereja yang ada di Desa Sungai Lama yang terdiri dari anak TK, SD, SMP, SMA , Remaja, Orangtua juga Lansia

Acara Natal hari ini di awali prosesi pembawa Salib,Alkitab,Lilin diiringi tarian ” Noekl ” selanjutnya dengan prosesi penyalaan lilin , sumber api dimulai dari Pengkhotbah Pdt Budianto Sianturi S.Th dilanjutkan ,Kepala Desa Sungai Lama St.Bangun Hasibuan ,Ketua Panitia Natal St.AP.Nainggolan ,seterusnya mewakili Pimpinan Gereja Porhangir P. Silalahi ,mewakili pengetua Gereja Maruli Manurung, mewakili jemaat kaum bapa, Sabungan butar – butar ,mewakili jemaat kaum Ibu, Ristauli br.Tampubolon.

Adapun Sub Thema perayaan Natal Oikumene yaitu : Melalui perayaan Natal Oikumene Desa Sungai Lama ini, mari memantapkan langkah bersatu padu memberi kemuliaan bagi Tuhan dan mewujudkan Gereja menggambarkan Damai Sejahtera.

Setelah penyalaan lilin acara dilanjutkan dengan Liturgi I,Koor dari gereja HKBP Rambung Merah, Liturgi II,Koor dari gereja Katolik, ,Liturgi III, Koor dari GPI,Liturgi IV , dilanjutkan dengan Khotbah yang dibawakan oleh Pendeta Resort Kisaran Kota Budianto Sianturi S.Th.

Setelah acara ibadah selesai dilanjutkan dengan Kata Sambutan .
Ketua Panitia St.AP.Nainggolan dalam kata sambutannya mengatakan sangat berterimah kasih kepada Pemerintah Desa Sungai Lama, seluruh panitia dan jemaat yang sudah membantu terlaksananya perayaan Natal Oikumene Desa Sungai Lama sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Selanjutnya Kepala Desa St.Bangun Hasibuan dalam kata sambutannya mengharapkan melalui perayaan Natal Oikumene ini dapat mempererat tali persaudaraan antara jemaat gereja – gereja yang ada di Desa Sungai Lama khususnya dan seluruh masyarakat yang ada di Desa Sungai Lama umumnya.Kades nya juga menekankan untuk menghindari pergesekan dan perpecahan ditengah – tengah masyarakat menjelang pesta demokrasi dan membantu terlaksananya pemilu yang dilaksakan tanggal 14 Februari 2024.

Selanjutnya Kepala.Desa juga memberikan sumbangan Lilin Natal kepada sembilan gereja yang ada didesa Sungai Lama yang diterima langsung seluruh pimpinan jemaat.

Diakhir acara Perayaan Natal Oikumene tidak kalah meriahnya, panitia juga menyiapkan Lucky Draw dengan hadiah – hadiah yang sangat menarik.
Seluruh jemaat sampai akhir acara tetap dengan antusias dan penuh harapan dengan angka keberuntungannya.

Writer: M arieEditor: dimas