Pengamanan Ketat dan Pengawalan TNI-Polri Serta Instansi Terkait, 5 PPK Wilayah Madiun Kota Kirim Kotak Suara dan Hasil Rekap ke KPU

foto : Gudang Penyimpanan Kotak Suara KPU Kabupaten Madiun, Gedung Korpri.

KOTA MADIUN || Bratapos.com – Pemilu 2024 yang digelar pada (14 Februari 2024 ) lalu telah berlangsung dengan lancar dan damai di Madiun Kota. Sebagai tahapan selanjutnya, kotak suara dan hasil rekapitulasi suara dari 5 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wilayah Madiun Kota harus diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun untuk dilakukan rekapitulasi tingkat kota. Proses pengiriman ini dilakukan dengan pengamanan ketat dan pengawalan dari TNI-Polri serta instansi terkait lainnya.

Untuk PPK Manguharjo, Taman, dan Kartoharjo, kotak suara dan hasil rekapitulasi dikirim ke gudang KPU Kota Madiun yang berlokasi di Asrama Haji. Sedangkan untuk PPK Jiwan dan PPK Sawahan, kotak suara dan hasil rekapitulasi dikirim ke gudang KPU yang berada di Gudang Korpri Pendopo Kabupaten Madiun.

Tindakan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan keabsahan data Pemilu yang telah direkapitulasi.

foto : Pengawalan Kotak Suara Ke Gudang KPU.

PPK Sawahan sejumlah 13 PPS telah Selesai penghitungan (PPS Klumpit, Kajang, Pule, Rejosari, Krokeh, Pucangrejo, Sidomulyo, Golan, Sawahan, Kanung, Bakur, Lebakayu, Cabean) selanjutnya Logistik Kotak Suara sudah disimpan di Gudang KPU Kabupaten Madiun / Gedung. Korpri Pemkab Madiun & Hasil Rekapitulasi Tingkat PPK sudah dikirim ke Kantor KPU Kabupaten Madiun pada Jum’at (23/2/2024) Pukul 10.00 WIB.

PPK Jiwan sejumlah 14 PPS telah Selesai penghitungan (PPS Jiwan, Kincang Wetan, Sukolilo, Grobogan, Metesih, Bukur, Teguhan, Bibrik, Bedoho, Ngetrep, Wayut, Sambirejo, Kwangsen, Klagenserut) selanjutnya Logistik Kotak Suara dikirim dan disimpan di Gudang KPU Kabupaten Madiun / Gd. Korpri Pemkab Madiun & Hasil Rekapitulasi Tingkat PPK sudah dikirim ke Kantor KPU Kabupaten Madiun pada Minggu (25/2/2024) Pukul 09.00 WIB.

PPK Kartoharjo sejumlah 9 PPS telah Selesai penghitungan (PPS Kartoharjo, Kanigoro, Oro-oro Ombo, Klegen, Kelun, Tawangrejo, Sukosari, Pilangbango, Rejomulyo) selanjutnya Logistik Kotak Suara dikirim dan disimpan di Gudang KPU Kota Madiun Asrama Haji Madiun & Hasil Rekapitulasi Tingkat PPK  dikirim ke Kantor KPU Kota Madiun pada Minggu (25/2/2024) Pukul 14.00 WIB.

PPK Taman sejumlah 9 PPS telah Selesai penghitungan (PPS Taman, Manisrejo Mojorejo, Banjarejo, Kejuron, Josenan, Pandean, Kuncen, Demangan) selanjutnya Logistik Kotak Suara dikirim dan disimpan di Gudang KPU Kota Madiun Asrama Haji Madiun & Hasil Rekapitulasi Tingkat PPK dikirim ke Kantor KPU Kota Madiun pada Minggu (25/2/2024) Pukul 22.00 WIB.

PPK Manguharjo sejumlah 9 PPS telah Selesai penghitungan (PPS Ngegong, Pangongangan, Sogaten, Patihan, Manguharjo, Winongo, Nambangan Kidul, Nambangan Lor, Madiun Lor) selanjutnya Logistik Kotak Suara dikirim dan disimpan di Gudang KPU Kota Madiun Asrama Haji Madiun & Hasil Rekapitulasi Tingkat PPK dikirim ke Kantor KPU Kota Madiun pada Senin (26/2/2024) Pukul 02.30 WIB.

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto, SIK., MH. mengatakan bahwa pada, Senin, (26/2) Pukul 02.30 WIB pergeseran kotak suara dan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ada diwilayah hukum Polres Madiun Kota telah selesai dari PPK ke KPU.

“Pada kesempatan ini, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk menjaga keamanan dan kelancaran jalannya proses Pemilu di wilayah kita. Pengamanan dan pergeseran kotak suara serta rekapitulasi suara merupakan langkah penting dalam memastikan keabsahan dan integritas hasil Pemilu, ” kata Kapolres (26/2).

“Kami telah melibatkan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya dalam upaya pengawalan dan pengamanan yang ketat. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya gangguan keamanan dan memastikan bahwa proses Pemilu berjalan dengan aman dan adil,” imbuh Kapolres.

Kotak suara dan hasil rekapitulasi suara dari 5 PPK wilayah Madiun Kota telah dikirim ke KPU dengan pengawalan yang ketat. Untuk PPK Manguharjo, Taman, dan Kartoharjo, pengiriman dilakukan ke gudang KPU Kota Madiun yang berlokasi di Asrama Haji. Sementara itu, untuk PPK Jiwan dan PPK Sawahan, pengiriman dilakukan ke gudang KPU yang berada di Gudang Korpri Pendopo Kabupaten Madiun.

Kami berharap dengan langkah-langkah ini, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat mencerminkan kehendak dan suara rakyat Madiun Kota. Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama proses tahapan Pemilu berlangsung.

“Terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari seluruh masyarakat Madiun Kota. Mari kita bersama-sama menciptakan Pemilu yang demokratis dan bermartabat, “pungkas Kapolres.

Pewarta : Jhon Mongaz ( Sumber Humas Polres Madiun Kota )

Editor/Publisher : Yatno Widodo