Penemuan Granat di Bendogerit Kota Blitar, Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Polda Jatim Turun Tangan

BLITAR ||Bratapos.com – Polsek Sananwetan datangi TKP penemuan sebuah granat diduga masih aktif ditemukan di atas plafon rumah warga di Jl Kalasan, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin (8/1/2024).

“Tadi sekitar pukul 09.30 WIB, kami menerima laporan penemuan granat di rumah warga Jl Kalasan, Kota Blitar,” kata Kapolsek Sananwetan Polres Blitar Kota, Kompol Agus Tri Susetyo.

Kompol Agus Tri mengatakan granat tersebut ditemukan di rumah almarhum Zubaidi yang merupakan pensiunan TNI Angkatan Laut pada 1985.

Zubaidi meninggal dunia pada 2011. Sekarang rumah Zubaidi ditempati oleh salah satu anak perempuannya.

“Granat ditemukan di atas plafon salah satu kamar di rumah itu. Mungkin pemilik sedang bersih-bersih rumah,” ujarnya.

Kompol Agus belum mengetahui jenis granat yang ditemukan di atas plafon rumah warga tersebut.

Namun, ia memperkirakan granat yang ditemukan di atas plafon rumah warga masih aktif.

“Diduga masih aktif, sesuai foto yang kami ambil, kondisi granat masih bagus. Pada pemicu granat dilakban,” katanya.

Sekitar Pukul 14.20 Wib tim Subden Jibom Detasemen Gegana Polda Jatim tiba dilokasi dan ada tiga anggota tim Jibom yang datang ke lokasi penemuan granat di rumah warga Kota Blitar

Dua angota dari tiga anggota Tim Jibom yang memakai pakaian pengaman terlihat mengevakuasi granat yang berada di atas plafon salah satu kamar di rumah itu.

Setelah diamankan, Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim terlihat memeriksa granat di lantai. Lalu Tim membungkus granat menggunakan kain dan memasukkan ke dalam tas.

“Benda mirip granat sudah dibawa oleh ahlinya (Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim), selanjutnya akan dimusnahkan,” pungkasnya. (rf/humasresta)