Penandatanganan MOU Catur Darma Perguruan Tinggi, Oleh UMMAD dan Madiun Umbul Square

KOTA MADIUN || Bratapos.com – Dalam upaya memperkuat kerjasama dan sinergi pendidikan, penelitian, da pengabdian kepada masyarakat, Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) dan Perumda Madiun Umbul Square (Edu Zoo), telah resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) terkait Catur Darma Perguruan Tinggi.

Acara penandatanganan ini diadakan di Ruang Rapat 1 Kampus 1 UMMAD pada hari Senin, (13 Mei 2024), yang dihadiri oleh Rektor UMMAD, Prof Dr Sofyan Anif, dan Direktur Madiun Umbul Square, R. Afri Handoko, S.Sos., M.Si., serta dihadiri Ketua PDM Kota Madiun, Sutomo, H. Sutomo, ST dan Ketua PDM Kabupaten Madiun, Dr KH Agus Tri Cahyo MA.

Kemitraan strategis ini diharapkan dapat membuka peluang baru dalam pengembangan sumber daya manusia dan penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ada 5 ruang lingkup MOU antara UMMAD dengan Perumda Madiun Umbul Square. Pertama pengenai penyelenggaraan Pendidikan, penelitian dan pelatihan.
Kedua, penyelenggaraan pengabdian  kepada Masyarakat. Lalu peningkatan  dan pengembangan  kompetensi sumber daya manusia.
Berikutnya implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Rektor UMMAD mengatakan, keberadaan Madiun Umbul Square dapat digunakan oleh prodi-prodi terkait untuk mempraktekkan ilmu akademik yang dipunyai.
Seperti Prodi Ilmu Lingkungan, Prodi Kesejahteraan Sosial hingga Prodi Biokewirausahaan.

“Mengingat disana ada air belerang yang dapat dijadikan sumber study bagi Prodi Ilmu Lingkungan Ummad dan potensi usaha ekonomi yang bisa dikembangkan pengelola Bersama Prodi Biokewirausahaan,” terang Prof. Sofyan Anif.

Rektor UMMAD menambahkan, prodi prodi langung bisa secar alangsung bisa mendukung perkembangan Madiun Umbul Square.

Sementara Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko mengatakan pihaknya menyambut gembira dengan penandantangan MOU antara Perumda Madiun Umbul Square dengan UMMAD.

Harapannya ada sinergi yang baik oleh pengelola Madiun Umbul Square dengan pihak UMMAD dalam upaya pengembangan Edu Zoo di masa depan.

“Dengan demikian kami tidak perlu jauh-jauh ke perguruan tinggi lain untuk melakukan penelitian ataupun pengembangan Madiun Umbul Square nantinya, sudah ada yang dekat yaitu UMMAD. Sehingga kenapa tidak kami melakukan MOU ini,” kata Apri Handoko.

Apri Handoko menambahkan, Madiun Umbul Square merupakan tempat pariwisata satwa dengan jumlah satwa yang dipelihara mencapai 157 satwa.

“Madiun Umbul Square tempat wisata konservasi satwa sebagai tempat edukasi dengan warna pendukungnya air belerang,” kata Apri Handoko.

Sementara itu, Ketua PDM Kota Madiun, H. Sutomo, ST menjelaskan cukup banyak hal-hal yang dapat dikembangkan sebagai tindak lanjut pelaksanaan MOU UMMAD dengan Madiun Umbul Square.

“Kami mengapreasiasi MOU UMMAD dengan Perumda Madiun Umbul Square. Semoga ke depan dengan Kerjasama dua pihak ini makin memajukan keberadaan Madiun Umbul Square,” kata Sutomo.

Sementara itu, Ketua PDM Kabupaten Madiun, Dr KH Agus Tri Cahyo, MA .,mengatakan, MOU kedua belah bisa dikembangkan dengan sikap yang saling memahami satu sama lain serta memciptakan simbisiosis mutualisme sehingga dapat memperoleh hasil yang baik.

Ketua PDM Kabupaten Madiun juga menyampaikan saat ini, pihaknya punya 18 paud yang keberadaannya bisa digunakan untuk branding Madiun Umbul Square.

Agus juga berharap ada penguatan UMKM milk AUM yang dapati masuk ke Madiun Umbul Square.

“Kami berharap juga ada penguatan UMKM AUM di Kabupaten Madiun. Karena segmen pasar Madiun Umbul Square lebih kepada anak-anak tentu saja nanti produk UMKM di AUM bisa disesuaikan dengan anak-anak,” ujar Ketua PDM Kabupaten Madiun.

Pewarta : Jhon Mongaz ( Sumber Humas UMMAD )

Editor/Publisher : Yatno Widodo