Pembinaan Penyuluh Agama Islam 2024, Kepala Kemenag Banyuwangi Sampaikan Pesan ini.!!

BANYUWANGI || Bratapos.com – Momen suasana Idhul Fitri, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Islam sekaligus dirangkai dengan Halal Bihalal, bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi, pada Kamis (18/04/2024).

Sebanyak 235 peserta mengikuti kegiatan tersebut, yang diantaranya terdiri dari Penyuluh Agama Islam PNS, PPPK Non PNS dan Seksi Bimbingan Masyarakat Islam.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat menyampaikan, Salah satu yang dapat mendatangkan barokah adalah dengan mencintai pekerjaan kita.

“Kementerian Agama merupakan rumah besar kita yang harus kita jaga bersama”, kata Chaironi Hidayat, dalam sambutannya di hadapan seluruh peserta.

Lebih lanjut, Chaironi mengatakan, di momen suasana Idhul Fitri ini, mari kita saling memaafkan dan memulai dengan suasana baru yang lebih baik. Tanpa ada perbedaan status, karena kita semua sama.

“Jadi PNS maupun PPPK merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan bukan sejedar prestasi atau kepintaran seseorang”, ungkapnya.

Karenanya, dirinya berpesan agar status PNS atau PPPK tidak dijadikan kebanggaan seseorang, dan Rizki seseorang tidak ditentukan oleh status jabatan. Kepada seluruh pegawai mari kita bekerja secara maksimal, baik dalam melaksanakan tugas utama atupun tugas lain yang diberikan pimpinan.

“Kita harus dapat mengevaluasi kinerja masing-masing, dan tidak marah ketika ada yang mengingatkan ketika ada kesalahan”, ujarnya.

Diakhir sambutannya, Chaironi menegaskan bahwa sebagai penyuluh Agama Islam adalah anugerah yang harus di syukuri. Mengutip yang disampaikan Gus Menteri, kita ibarat gerbong kereta yang sudah ada Rel yang harus dilalui, dan harus mengikuti Jalur Rel serta jadwal pemberangkatan yang sudah ditentukan. Demi kepentingan bersama yang lebih baik, ia membuka ruang untuk menyampaikan semua kendala dan permasalahan, baik itu melalui Kasi ataupun langsung kepada dirinya.

Sementara Kepala Sub-Bagian Tata Usaha sekaligus sebagai Nara Sumber, Moh. Jali menekankan kedisiplinan pegawai, terutama Penyuluh Agama Islam baik PNS, PPPK maupun Non PNS.

“Ikuti regulasi yang telah ditetapkan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi”, ucap Moh Jali.

Berkaitan dengan Updating data Tenaga Non PNS, Moh Jali mengharap kepada semua Penyuluh Wajib melakukan updating data secara mandiri sampai dengan waktu yang telah ditentukan.

Ditambahkan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam yang juga selaku Panitia kegiatan menyampaikan, melalui acara Pembinaan bagi para penyuluh ini, diharap bisa lebih meningkatkan kemampuan dan solidaritas para penyuluh.

“Dengan kekompakan dan kebersamaan para penyuluh, program Kementerian Agama dapat terlaksana dengan baik”, jelasnya.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor