Parahh, Diduga Ada Pelanggaran KPUD Grobogan

GROBOGAN || Bratapos.com – Beberapa kotak suara Pemilu 2024 yang berada di gudang logistik gedung Dewi Sri sengaja dibuka segelnya oleh petugas KPUD Kabupaten Grobogan, Jateng, Jumat, (09/02/2024).

Dalam pembukaan segel tersebut tidak terlihat satupun dari pihak-pihak terkait yang berkompeten seperti Bawaslu dan Panwas misalnya, untuk melakukan pengawasan.

Dalam pembukaan segel tersebut tidak terlihat satupun dari pihak-pihak terkait yang berkompeten seperti Bawaslu dan Panwas misalnya, untuk melakukan pengawasan.

Saat dikonfirmasi melalui jejaring WhatsApp Ketua KPUD kabupaten Grobogan Agung Sutopo membenarkan Tentang adanya kegiatan buka segel kotak suara tersebut. Menurutnya, Kotak suara dibuka untuk melakukan pengecekan guna memastikan jumlah surat suara sebelum didistribusikan ke TPS.

“Sampling checking akhir untuk kepastian bahwa isi logistik dalam kotak sudah benar,” terang Agung Sutopo. Senin, (12/02/2024)

Saat disinggung terkait tidak adanya pengawasan dari pihak terkait, kembali Agung Sutopo menegaskan bahwa dirinya selaku ketua KPUD kabupaten Grobogan telah berkoordinasi dengan pihak Bawaslu kabupaten Grobogan.

“Saya sudah koordinasi dengan Ketua Bawaslu, dan hari itu masih Domain KPU untuk pengelolaan logistik masih dalam tanggung jawab penuh KPU Kabupaten,” tegasnya.

Hasil konfirmasi ke Bawaslu :

Saat dikonfirmasi terkait kegiatan KPUD buka segel kotak suara, Fitria Nita Witanti juga membenarkan bahwa sebelumnya KPUD telah berkoordinasi dengan dirinya selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan.

“Hari jumat itu KPU sudah koordinasi ke bawaslu untuk penghitungan ulang di dalam kotak, dan dari Bawaslu juga ada siang itu,” jelas Fitria melalui pesan singkat WhatsApp.

Meski menyampaikan ada pengawasan dari Bawaslu, namun dari beberapa dokumentasi yang ada, tak terlihat satupun anggota Bawaslu yang mengawasi pembukaan segel kotak suara. (Arifin)

Writer: ArifinEditor: Widiya