Pangdam IV : “Komandan Satuan Harus Memiliki Karakter, Mempunyai Inovasi, dan Kreatifitas”

  1. Magelang ||Bratapos.com. Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., secara resmi membuka Apel Komandan Satuan Kodam IV/Diponegoro TA 2024. Apel yang diikuti oleh para Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro ini dilaksanakan di Dodik Bela Negara, Rindam IV/Diponegoro, Selasa (21/5/2024).

Dihadapan para peserta Apel Komandan Satuan, Pangdam IV/Diponegoro menekankan bahwa kehadiran para peserta harus didasari tekad dalam menyerap materi guna memberikan kontribusi positif dan bermanfaat bagi satuan, bukan sekedar melaksanakan perintah semata.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi terhadap pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD Tahun Anggaran 2024, meningkatkan kepedulian, kepekaan, dan integritas dalam setiap pelaksanaan tugas dalam rangka mewujudkan tugas pokok Kodam IV/Diponegoro”, jelas Pangdam.

Dengan mengangkat tema “Melalui Apel Dansat TNI AD, Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Guna Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju”, Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., berharap tema tersebut benar-benar melandasi dan dijadikan pedoman dalam setiap pembahasan dan pembicaraan serta kegiatan pada Apel Dansat ini.

“Komandan Satuan harus menjadi pemimpin yang memiliki karakter, mempunyai inovasi, dan kreatifitas untuk pengembangan serta kemajuan satuan. Keberhasilan dan prestasi sebuah satuan hanya bisa diraih dengan manajemen kepemimpinan yang berkualitas dan melalui proses dan perjuangan yang panjang”, tegas Pangdam.

Disampaikan, bahwa para Perwira harus memahami dan selanjutnya mengaplikasikannya guna mewujudkan prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif (PRIMA) sehingga siap melaksanakan tugas pokok di satuan masing-masing.

Diakhir kegiatan, Pangdam memberikan penekanan kepada para Komandan Satuan untuk meningkatkan peran Komandan Satuan dalam menyelenggarakan pembinaan teritorial guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, memelihara jiwa korsa serta rasa persaudaraan, sikap gotong royong dan guyup rukun diantara anggota yang dipimpin untuk mewujudkan soliditas satuan, serta meningkatkan sinergitas TNI-Polri dan hindari sikap arogan yang berpotensi menimbulkan gesekan antara TNI dengan Polri, maupun dengan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Pangdam juga memberikan piagam penghargaan kepada prajurit berprestasi, diantaranya : Kasansidam Letkol Cke Adi Susanto juara I lomba Waskita Siber Tanggap bidang IT Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh pusat sandi dan siber AD dan Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Muhidin S.H., M.I.P juara I lomba karya jurnalistik TMMD ke-119 tahun 2024 kategori media elektronik Dansatgas

Serta para Babinsa terbaik, atas implementasi dalam mendukung keberhasilan program Bangga Kencana dan pencapaian penurunan stunting tahun 2023 diantaranya : Serma Adi Sarjono Babinsa Ramil 03/Kokap Kodim 0731/Kulonprogo juara I tingkat Propinsi DIY, Serka Mustofa Babinsa 09/Bantar Balong Kodim 0711/Pemalang juara I tingkat Propinsi Jawa Tengah, Sertu Sutanto Babinsa Ramil 16/Tingkir Kodim 0714/Salatiga juara II tingkat Propinsi Jawa Tengah, dan Sertu Darsim Babinsa 04/Wanureja Kodim 0712/Tegal juara III tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Pada pelaksanaan Apel juga menghadirkan beberapa narasumber antara lain Irdam Brigjen TNI Yudi Pranoto, S.H., M.M. tentang evaluasi program kerja, Dandim 0716/ Demak Letkol Kav Maryoto tentang Kodim modern, Dandim 0727/Karanganyar Letkol Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., tentang Koramil modern, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si tentang Jembatan Gantung, Bapak Daniel dengan materi sosialisasi ttg RTLH, Kepala LKPP Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M., sosialisasi pengadaan barang jasa dan E-katalog.
(Pendam IV/Diponegoro)

Editor: Arifin