Panembromo Diusulkan PWRI Kaloran Temanggung Jadi Ikon Kabudayan Jawi

TEMANGGUNG || Bratapos.com Memajukan dan melestarikan budaya jawa khususnya panembromo, menjadi tema inti kegiatan halal bihalal bersama PWRI Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Dalam acara tersebut Ibu-ibu anggota PWRI tampil memikat dengan paduan suara Panembromo di Aula Kecamatan Kaloran, Sabtu 27 April 2024.

Halal bihalal bersama untuk wilayah Kecamatan Kaloran merupakan gabungan dari para pensiunan yang tergabung dalam PWRI (Persatuan Wredatama Republik Indonesia), IPPK (Ikatan Pensiunan Pegawai Pendidikan dan Kebudayaan), PEPABRI(Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia), dan KERTA (Kerukunan Wanita Wredatama).

Sunyoto Ketua PWRI Kecamatan Kaloran mengatakan, meski sudah lanjut usia namun semangat para anggotanya tetap berkobar, terutama dalam ikut berperan aktif melestarikan kebudayaan jawi. Maka melalui halal bihalal ditampilkan kemampuan ibu ibu anggota PWRI untuk menyumbangkan paduan suara Panembromo.

Selain ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT RI setiap tahunnya, PWRI Kaloran juga melakukan giat sosial memberikan bantuan sembako bagi anggota yang membutuhkan.

Pada berbagai lomba, anggota PWRI juga berhasil meraih juara, terutama dalam lomba Panembromo.

“Untuk melestarikan Panembromo maka di setiap desa harusnya ada grup Panembromo dan kami PWRI siap menjadi pembimbing Panembromo agar tumbuh berkembang di setiap desa serta mengusulkan kepada camat Kaloran untuk menggelar lomba Panembromo setiap tahunnya,” terang Sunyoto.

Camat Kaloran Yuli Riastiana menyambut positif usulan PWRI tersebut dan untuk pengembangan kesenian di Kaloran akan dirangkaikan dalam berbagai perlombaan memeriahkan HUT RI 2024 mendatang.

“Kami akan memfasilitasi kegiatan pelestarian budaya Jawa dan bahkan kegiatan budaya pemeluk agama Budha serta kegiatan keagamaan lainnya yang secara teknis akan dimasukkan dalam kegiatan panitia peringatan HUT RI Kecamatan Kaloran,” tandas Yuli Riastiana.

Ketua panitia halal bihalal PWRI As’adi melaporkan, jumlah peserta dari 4 organisasi tersebut mencapai 150 orang dan mereka bergotong royong untuk suksesnya seluruh kegiatan baik sisi pendanaan maupun dukungan moril sehingga pelaksanaan halal bihalal berlangsung dengan lancar.
Setiap tahunnya kegiatan pertemuan bersama dilakukan secara rutin dan ini sudah berjalan sejak 10 tahun yang lalu.

Demikian pula keikutsertaan dalam lomba ditingkat Kabupaten, PWRI Kaloran selalu partisipasi Ikut lomba paduan suara, solo vocal, lomba macapat dan lomba administrasi dan tahun lalu berhasil menjadi juara umum.

Sedangkan di tahun 2024 ini PWRI Kaloran akan melaksanakan bakti sosial khitanan masal, memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu di keluarga PWRI. Untuk itu pengurus PWRI meminta dukungan semua pihak agar bakti sosial tersebut dapat terealisasi. (Budhy Sanjaya)

Writer: Budhy SanjayaEditor: Widiya