Pagelaran Wayang Kulit Tutup Rangkaian Bersih Dusun Karangrejo Garum

BLITAR ||Bratapos.com – Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Garum menggelar pertunjukan Wayang kulit dalam rangka Bersih Dusun, bertempat di Dusun Karangrejo, Sabtu 25 Mei 2024 malam.

Pagelaran wayang kulit mengambil tema “Semar Bangun Kayangan” tersebut diawali penyerahan tokoh wayang kulit dari Kepala Desa Karangrejo, kepada Dalang Ki Gendeng Ardianto. Tampak hadir di acara, Camat Garum, Arinal Huda, Kapolsek Garum, Danramil, Para Kepala Desa dan tamu undangan.

Kepala Desa Karangrejo Imam Rohadi mengatakan, bersih dusun ini merupakan budaya tradisi turun temurun yang kita lestarikan hingga saat ini. Selain menjadi ajang silaturahmi untuk melambangkan kegotong royongan di masyarakat.

“Bersih dusun juga merupakan kegiatan tolak bala yang diyakini mampu membersihkan hal-hal negatif. Kegiatan ini juga sebagai simbolisasi doa bersama dari masyarakat kita agar terhindar dari malapetaka dan sukses membangun kedepannya,” ungkapnya.

Kades Karangrejo berharap dengan dilaksanakannya bersih dusun ini masyarakat karangrejo dapat ayem, tentram, damai, dan kondusif. Diharapkan bisa melestarikan tradisi adat dan budaya menguatkan nilai-nilai gotong royong.

Terakhir, Kades Imam Rohadi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara pada malam ini.

“Semoga kegiatan yang kita gelar ini dapat memberikan keberkahan dan masyarakat dapat hidup bergotong rotong, sejahtera, menjaga persatuan dan kesatuan antar masyarakat” pungkasnya.

Senada di sampaikan Camat Garum, Arinal Huda, bahwa bersih dusun seperti ini sebagai wujud melestarikan budaya dan adat tradisi yang harus terus dijaga.

“Melestarikan budaya seperti bersih dusun ini sekaligus bisa menjadikan tujuan wisata dan berdampak positif untuk masyarakat Karangrejo” ujarnya.

Camat Garum berharap dengan digelarnya tasyakuran dan bersih dusun ini menjadikan Desa Karangrejo lebih guyub rukun, kondusif dan masyarakat bertambah sejahtera.

“Insyaallah semoga masyarakat karangrejo bertambah sehat, dilancarkan rezekinya, bertambah keimanannya dan tentu lebih guyub rukun, kondusif dan masyarakatnya semakin sejahtera,” pungkas Arinal Huda. (rf)