Musrenbangcam Tanggungharjo Dihadiri Perwakilan Anggota DPRD Grobogan

GROBOGAN || Bratapos.com – Pemerintah Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Tanggungharjo Tahun 2025, bertempat di Aula Bhakti Praja Kecamatan Tanggungharjo, pada hari Selasa tanggal (06/02/2024) pukul 10.00 WIB.

Camat Tanggungharjo Slamet Sanyoto, SH, MM saat membuka Musrenbang tersebut menyampaikan, bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan tahunan sebagai implementasi dari RPJMD daerah serta mengidentifikasi permasalahan dan isu strategis daerah.

Selain itu, RKPD juga mengakomodir aspirasi masyarakat dari tingkat desa serta pokok-pokok pikiran DPRD dengan menyesuaikan pada arah kebijakan pembangunan daerah dan kapasitas kemampuan keuangan daerah.

Pelaksanaan kegiatan musrenbang kecamatan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat di wilayah Kecamatan Tanggungharjo, selanjutnya untuk di usulkan ke tingkat kabupaten, fokusnya adalah penyusunan usulan skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.

sedangkan sasaran pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan Tanggungharjo adalah hasil kegiatan musrenbang tingkat Desa yang terdiri dari 9 (sembilan) Desa dengan usulan berpedoman pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang paling mendesak.

“Kami meyakini, sebelum melaksanakan Musrenbang kecamatan ini, seluruh desa di wilayah Kecamatan Tanggungharjo pasti sudah melaksanakan Musrenbang di masing-masing desa. Ini juga merupakan forum atau wadah untuk bertemunya seluruh pemangku kepentingan. Musrenbang yang dilaksanakan hari ini pada hakikatnya merupakan forum strategis para pemangku kepentingan di Kecamatan untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil-hasil Musrenbang dari tingkat desa dan kelurahan yang akan menjadi usulan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Tanggungharjo,” jelas Slamet Sanyoto, SH,MM.

“Tema pembangunan Kabupaten Grobogan tahun 2025 adalah” Pemantapan Daya Saing SDM Penguatan Reformasi Birokrasi serta Pemajuan Nilai Nilai Budaya “.

“Melalui Musrenbang ini, harapan kami agar penyusunan prioritas pembangunan Kecamatan Tanggungharjo tahun 2025 diselaraskan dengan arah kebijakan dan tema serta fokus pada pembangunan yang telah ditetapkan. Kami juga berharap, musyawarah ini kiranya dapat dilaksanakan dan dirumuskan dengan baik sehingga hasil rumusan Musrenbang di tingkat Kecamatan Tanggungharjo dapat menjadi bahan bagi pemutakhiran RKPD Kecamatan Tanggungharjo tahun 2025,” tutup Slamet Sanyoto, SH ,MM mengakhiri arahannya.

Kegiatan Musrenbang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Erina Soeprihatin Kasi PMD Kecamatan Tanggungharjo Turut hadir pada pelaksanaan Musrenbang tersebut, Anggota Dewan Purwanto ( Fraksi Hanura), OPD Kabupaten Grobogan dan jajarannya, Asisten Bupati Bupati Amin Hidayat,Tim monitoring Kabupaten Grobogan,Camat Tanggungharjo Slamet Sanyoto, SH ,MM, Kapolsek Tanggungharjo AKP Anang H,SH Diwakili oleh Wakapolsek Tanggungharjo Iptu Sofyan, Danramil Tanggungharjo yang mewakili Pelda Tumerap, Sekcam Tanggungharjo Arif Lukman Hakim, Unsur Forkopimca Kecamatan Tanggungharjo, Kepala UPTD Puskesmas, UPTD Dinas pertanian, Kepala Desa se-Kecamatan Tanggungharjo, Sekdes Se-Kecamatan Tanggungharjo, Ketua BPD se-Kecamatan Tanggungharjo, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Karang taruna, Pendampingan Desa, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.

Purwanto mewakili anggota Dewan menyampaikan,Dalam rangka Musrenbang RKPD Kecamatan Tanggungharjo tahun 2025 itu di gelar juga Bazar pasar murah UMKM dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Tanggungharjo di akhiri dengan door prize. (Arifin)

Writer: ArifinEditor: Widiya