Masuki Masa Tenang, Bawaslu Kota Binjai Tertibkan APK Paslon

Bratapos, Binjai – Memasuki masa tenang jelang pemungutan suara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Minggu (6/12) mulai melakukan pembersihan alat peraga kampanye milik seluruh Paslon yang bertarung di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kota Binjai.

Kegiatan dilangsungkan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan melibatkan personil Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) Kota Binjai.

Ketua Bawaslu Arie Nurwanto saat dikonfirmasi mengatakan, penerbitan alat peraga kampanye atau familiar disebut baliho tersebut telah diatur dalam pasal 31 PKPU Nomor 11/2020. Bahwa pembersihan dan penertiban dilaksanakan selambatnya 3 hari menjelang pemungutan suara.

“Sesuai dengan peraturan, hari ini kami bersinergi untuk membongkar APK, InsyaAllah semua berjalan lancar,” ucap Arie.

Rencananya, besok tim gabungan tersebut akan melakukan razia terhadap kendaraan yang menggunakan atribut kampanye Paslon, sehingga dimasa tenang ini tidak ada APK yang terpasang.

“Besok kita lanjutkan merazia kendaraan yang ada embel-embel Paslonnya, kita mau Pilkada 2020 ini terlaksana dengan tertib dan bermanfaat,” imbuh Arie.

Selain itu, Bawaslu juga akan melakukan pengawasan bersama KPU, dan Gakkumdu guna menjaga kwalitas pesta Demokrasi 2020 ini. Sehingga hasil Pilkada Binjai nantinya dapat diterima oleh semua pihak tanpa ada persoalan dan perselisihan.

“Kita berharap Pilkada tahun ini berlangsung dengan sehat dan hasilnya diterima oleh semua pihak, tanpa ada perselisihan. Mewujudkan Pilkada yang berkualitas adalah tugas kita bersama,” kata Arie Nurwanto. (dyk.p)