LSM Pakem Soroti, Ruko Bumdes Mojorejo yang Mangkrak



foto : Ruko Bumdes Mojorejo Sekarang ( 2023 ).

MAGETAN || Bratapos.com – Sebuah ruko yang dibangun oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mojorejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, menjadi sorotan publik. Pasalnya, ruko tersebut sudah mangkrak sejak tahun 2021 dan diduga menelan anggaran yang tidak sedikit.

Salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli dengan masalah ini adalah Garis Pakem Mandiri. Ketua LSM tersebut, Rohman S atau yang akrab disapa Udin Pakem, mengatakan bahwa ruko BUMDes Mojorejo tidak memiliki fungsi dan kegunaan yang jelas bagi masyarakat desa.

“Ruko itu hanya menjadi pajangan saja, tidak ada aktivitas usaha di sana. Padahal, anggarannya cukup besar, mencapai ratusan juta rupiah dari dana desa tahun 2021. Bahkan, kami mendengar kabar bahwa ruko itu juga menggunakan anggaran tahun 2022 untuk menyelesaikannya,” ungkap Udin Pakem, Kamis (4/1/2024).

foto : Ruko Bumdes Mojorejo Tahun (2021).

Selain itu, Udin Pakem juga menyampaikan adanya dugaan bahwa ruko BUMDes Mojorejo dibangun di atas tanah milik Dinas Pengairan Kabupaten Magetan. Ia mengaku telah menemukan batas-batas patok tanah pengairan di lokasi ruko tersebut.

“Kami juga sudah konfirmasi ke Dinas PUPR bidang pengairan, dan mereka mengaku tidak tahu menahu soal pembangunan ruko itu. Kami juga sudah menyampaikan temuan kami ke salah satu pegawai yang sudah pensiun di Pengairan provinsi, dan beliau mengatakan bahwa tanah itu memang milik pengairan,” jelas Udin Pakem.

Udin Pakem berharap agar pihak-pihak terkait segera menindaklanjuti masalah ini dan memberikan penjelasan yang transparan kepada masyarakat. Ia juga meminta agar BUMDes Mojorejo lebih profesional dan bertanggung jawab dalam mengelola dana desa.

“Kami minta agar BUMDes Mojorejo tidak sembarangan dalam membangun usaha. Harus ada studi kelayakan, rencana usaha, dan potensi pasar. Jangan sampai dana desa yang seharusnya untuk kesejahteraan masyarakat desa malah disia-siakan untuk proyek yang tidak jelas,” tegas Udin Pakem.

Sementara itu, Kepala Desa Mojorejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan Sudarwati waktu dikonfirmasi di kantornya oleh awak media bratapos, Jum’at (5/1/2024) terkait mangkraknya Ruko Bumdes tersebut. Ia menyampaikan bahwa waktu itu Ruko ada yang mengelola tapi mengundurkan diri.

“Berhubung belum menemukan orang yang tepat, kita diamkan dulu. Pasalnya kalau lembaga – lembaga keuangan mengelola tidak profesional, maka kembalinya ke saya,” jelasnya.


Pewarta : Jhon Mongaz

Editor/Publisher : Yatno Widodo