Lanal Banyuwangi Gelar “Lomba Perahu Layar Tradisional” Memeriahkan HUT Armada TNI AL Tahun 2023

BANYUWANGI || Bratapos.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Armada TNI AL Tahun 2023, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi akan menggelar “Lomba Perahu Layar Tradisional” di Pantai Waru Doyong, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Ajang tersebut akan diselenggarakan pada Minggu 03 Desember 2023. Yang akan memperebutkan Piala Tetap ‘Danlanal Banyuwangi Cup’ serta Hadiah Uang Pembinaan. Lomba ini digelar untuk memeriahkan HUT Armada TNI AL Tahun 2023, sekaligus menjalin silaturahmi dengan para Nelayan.

Dalam pelaksanaannya, para peserta akan beradu ketangkasan berlayar di perairan Selat Bali mengemudikan perahu tanpa mesin menaklukkan kencangnya angin laut, kerasnya ombak, dan tingginya gelombang yang memisahkan Pulau Jawa dan Bali.

Untuk mengantisipasi membludaknya peserta yang ikut serta dalam perlombaan tersebut, panitia akan membatasi jumlah peserta yang mendaftar untuk dibagi menjadi beberapa etape.

Lomba Perahu Layar Tradisional ini, memang dirancang dengan hanya mengandalkan tiupan angin laut dari Layar yang dipancang pada tiap perahu, selain itu setiap tim peserta akan mendayung untuk menambah lajunya perahu yang ditungganginya.

Para peserta harus bisa menyeberangi berlayar di perairan Selat Bali sejauh sekitar 16 mil. Garis Start nantinya di mulai dari bibir pantai Waru Doyong Ketapang menuju pantai Gilimanuk Bali, dan untuk Garis Finish peserta harus kembali berlayar menuju pinggir pantai Waru Doyong Ketapang.

“Lomba Tahun ini mungkin lebih sulit, karena faktor angin yang cukup kencang, gelombangnya juga tinggi. Jadi benar-benar harus kerja keras mengendalikan arah perahu berlayar agar tidak saling bertabrakan dengan perahu peserta yang lain,” kata Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Indra Nusha R. Saat ditemui awak media di Mako Lanal Banyuwangi. Kamis (16-11-2023).

Menurut Danlanal Banyuwangi, Dalam Peringatan HUT Armada TNI AL Tahun 2023 ini, kami mengajak seluruh Nelayan untuk ikut serta memeriahkan. Karena Nelayan merupakan sahabat juga saudara TNI AL, mereka adalah ujung tombak informasi TNI AL dalam menjaga laut dan perairan Indonesia.

“Persiapan lomba sudah kita lakukan dalam sebulan ini, mulai dari bersih-bersih pantai ditempat kegiatan juga sosialisasi kepada calon peserta. Terlebih masyarakat Banyuwangi identik dengan kemaritiman, jadi kita wadahi dengan perlombaan yang akan kita selenggarakan,” ujar Danlanal Banyuwangi.

Selain untuk memperingati HUT Armada TNI AL, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi Lanal Banyuwangi dengan masyarakat nelayan se-Jawa dan Bali, juga untuk mempererat tali persaudaraan serta pembinaan Nelayan.

Sementara itu, untuk menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan peserta lomba saat berada di tengah laut, mengingat angin di perairan Selat Bali cukup kencang dan gelombang laut yang cukup tinggi, panitia akan menyiagakan sejumlah kapal cepat milik TNI AL, yang juga bekerjasama dengan Basarnas dan Polairud untuk mengawal para peserta lomba. Dan menyiapkan tim Medis dari TNI AL dengan berbagai peralatan disiagakan di lokasi kegiatan.

Reporter: Ruslan AG
Editor/Publiser: Shelor