Buka Acara Kominfo Goes to School, Begini Pesan Bupati Blitar Untuk Pelajar

BLITAR ||Bratapos.com – Bupati Blitar Hj Rini Syarifah membuka acara yang diinisiasi Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar “Kominfo Goes to School”, di SMKN 1 Nglegok Kabupaten Blitar. Selasa (14/5/2024)

Mengawali sambutanya, Bupati Blitar Rini Syarifah mengapresiasi kepada jajaran Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kegiatan yang bertajuk Kominfo Goes to School, ini merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk sharing knowledge sekaligus transfer ilmu terkait dengan UU ITE dan tips bijak menggunakan media digital termasuk media sosial dikalangan pelajar,” ujarnya.

Bupati Rini Syarifah mengatakan, sebagai generasi Z dan Alpa yang bergantung kepada teknologi, khususnya internet dan media sosial semua harus siap dengan perkembangan teknologi.

“Tetapi sekali lagi, harus hati-hati, harus tetap bijak dalam menyikapi teknologi,” katanya.

Dalam studi yang didanai oleh UNICEF dan dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, ucap Bupati Blitar, menemukan 98 persen dari anak-anak dan remaja tahu tentang internet dan 79,5 persen diantaranya adalah pengguna internet.

“Dikalangan pelajar, pencarian informasi yang dilakukan sering didorong oleh tugas-tugas sekolah, sedangkan penggunaan media sosial dan konten hiburan didorong oleh kebutuhan pribadi,” ucap Rini Syarifah.

Menurutnya, diperlukan upaya meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan mereka dalam kaitannya dengan keamanan berinternet. Hal ini dapat dicapai melalui sosialisasi, pendidikan literasi maupun pelatihan seperti yang dilakukan sekarang ini.

“Sehingga sekali lagi, melalui kegiatan ini kita semua berupaya untuk menggunakan media digital dengan hal-hal positif dan bijak,” pungkas Rini Syarifah.

Writer: rf/adv/kmfEditor: rf