KJJT Banyuwangi Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar di SMPN 2 Rogojampi

BANYUWANGI || Bratapos.com – Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Wilayah Banyuwangi menggelar kegiatan Literasi berupa Pembekalan Dasar Jurnalistik kepada pelajar SMPN 2 Rogojampi, pada Selasa (21/05/2024). Kegiatan ini diselenggarakan guna untuk meningkatkan kemampuan menulis berita bagi para siswa.

Sebanyak 45 siswa-siswi yang terdiri dari anggota OSIS, ekstrakurikuler (eskul) jurnalistik, dan Palang Merah Remaja (PMR) antusias mengikuti kegiatan Literasi ini.

Beberapa materi tentang Jurnalistik disampaikan oleh Narasumber. Salah satunya, Joko Tama perwakilan dari media Actanews.id, yang didampingi oleh jajaran pengurus KJJT Banyuwangi diantaranya; Nur Kholis dari media Ganeshaabadi.com, Fitron Abdul Jaelani dari media suarapecari.com, Yohan dari media Banyuwangi.news, dan Ruslan Abdul Gani dari media Bratapos.com.

Setelah memberikan pemaparan materi dasar jurnalistik. Selanjutnya, para siswa langsung dilatih dan diberi tugas untuk praktek membuat berita. Karya terbaik dari para siswa tersebut, nantinya akan dipublikasikan melalui website media online.

Kepala sekolah SMPN 2 Rogojampi yang diwakili pembina ekstrakurikuler jurnalistik, Ilham Triadi, sangat mengapresiasi kehadiran Tim KJJT Banyuwangi di SMPN 2 Rogojampi ini. Terlebih kedatangan kali ini bertujuan untuk berbagai ilmu Dasar Jurnalistik kepada anak didik kami.

“Dengan memberikan materi dasar Jurnalistik dan kaidah penulisan yang benar, membantu anak didik kami mudah dalam membuat berita,” ujar Ilham.

Ilham menambahkan, kegiatan Literasi berupa Pembekalan Dasar Jurnalistik ini dapat melatih siswa dalam public speaking, meningkatkan kepercayaan diri, dan membantu mereka lebih terarah dalam menentukan topik berita seputar kegiatan sekolah.

Sementara Ketua KJJT Banyuwangi, Ricky Sulivan mengatakan, kegiatan Literasi berupa Pembekalan Dasar Jurnalistik ini memang menjadi program KJJT wilayah Banyuwangi di tahun 2024. Salah satu sasaran kami adalah pelajar tingkat SMP dan SMA.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menambah pengetahuan siswa tentang Jurnalistik. Dan membantu siswa mempermudah dalam mencari dan membuat berita,” kata Ricky, yang juga merupakan Pemimpin Redaksi media Suarapecari.com.

“Kami berencana akan melakukan kegiatan yang sama di sekolah-sekolah lainnya. Semoga bermanfaat bagi para pelajar, menambah wawasan dan pengalaman yang berdampak pada peningkatkan kualitas SDM pelajar,” pungkas Ricky.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor