Kiprah Glipang, Menggeliat Bangkit Raih Kembali Masa Keemasan Yang Memudar

PROBOLINGGO// Bratapos.com ~ Kita terus mencari informasi, mengembangkan bakat-bakat generasi muda, karena selama kita mau – bisa!”, ungkap Pj Ugas Irwanto di Guest House alun-alun kota Kraksaan usai mengikuti gelaran semarak Hari Jadi Kabupaten Probolinggo Harjakapro 278 bertepatan dengan apel Hardiknas 2024 . Kamis, 02/05/2024.

Dalam apel Hardiknas 2024 tersebut, ditampilkan tarian Kiprah Glipang yang dibawakan oleh 1000 penari dari kalangan siswa siswi. Dalam kesempatan tersebut, Pj. Ugas didampingi Forkopimda menyempatkan diri berbaur bersama penari menirukan gerakan tarian Kiprah Glipang.

Tari Kiprah Glipang merupakan tari asli asal kabupaten Probolinggo yang pernah berjaya mengharumkan nama Probolingggo sampai level nasional di era tahun 1980 sampai 1995 dan menjadi langganan untuk ditampilkan di tingkat nasional seperti di Istana Negara, Istana Merdeka maupun di tingkat regional Jawa Timur.

Menurut seorang narasumber, pada masa masyhurnya tarian Kiprah Glipang merupakan gerak tari tegas dan lugas, sebagai wujud bentuk perlawanan terhadap penindasan Kolonial Belanda. Paduan gerakan tegas patah-patah dan luwes mencerminkan masyarakat yang ramah namun akan melawan jika tertindas.

“Kita sadari, kita jujur, kita semua melupakan, kita ada tari Glipang yang memang sudah pernah di akui tingkat nasional, hari ini kita angkat lagi kita punya kebanggaan, kita jangan lupakan sejarah”, imbuh Pj Ugas.

“Nanti dari Dinas Dikdaya akan terus memompa, menggali terus mengkader, apalagi sekarang sudah ada gedung kebudayaan dan kesenian, itu terus melatih dan berdiskusi bagaimana Glipang ini kembali harum seperti semula”, harapnya.

Pj Ugas berharap bagi generasi muda probolingggo saat ini akan bisa lebih baik dari generasi sebelumnya.

Reporter: Wahyu

Editor /Publisher: Shelor