Jhon Qudsi: Ilustrasi, Pendidikan di Negara Indonesia

PROBOLINGGO// Bratapos.com-Pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam pembangunan suatu bangsa. Sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan individu, pendidikan menjadi kunci untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing. Namun, di tengah dinamika perkembangan zaman, masih terdapat sejumlah tantangan yang perlu dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Salah satu tantangan utama adalah aksesibilitas pendidikan yang merata. Meskipun sudah ada upaya untuk memperluas akses pendidikan melalui program-program seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), masih banyak daerah terpencil yang kesulitan mengakses pendidikan berkualitas. Infrastruktur pendidikan yang kurang memadai, terutama di wilayah pedalaman dan perbatasan, menjadi penghambat utama dalam upaya pemerataan akses pendidikan.

Selain itu, kualitas pendidikan juga menjadi perhatian serius. Meskipun tingkat partisipasi dalam pendidikan meningkat, masih terdapat kesenjangan dalam mutu pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta antara sekolah negeri dan swasta. Kurangnya tenaga pendidik yang berkualifikasi, kurikulum yang belum relevan dengan tuntutan pasar kerja, dan minimnya sarana prasarana yang memadai menjadi beberapa faktor yang memengaruhi kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Publisher: Shelor