Inovasi Cegah Stunting, Kelurahan Klampok Kota Blitar Launching Program Posyandu “PAK MANSYUR ASIK”

BLITAR ||Bratapos.com – Salah satu upaya dalam pencegahan stunting, Kelurahan Klampok, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar meluncurkan program Posyandu “Pak Mansyur Asik” (Pil Katuk Mama Menyusui Lancar Asi Eksklusif) pada hari Selasa (7/5/2024)

Bertempat di Posyandu Leo Jalan Halmahera Klampok Kota Blitar, Lurah Klampok Mohammad Caesar Alfonso secara resmi melaunching program posyandu “Pak Mansyur Asik” di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Esti Kusuma Dewi.

Turut menghadiri Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Joko Waskito, Ketua LPMK Kelurahan Klampok, Bidan wilayah dan petugas kesehatan Puskesmas Sananwetan.

Dalam sambutannya, Lurah Klampok Mohammad Caesar Alfonso menyampaikan, launching program posyandu “Pak Mansyur Asik” ini bentuk inovasi baru Kelurahan Klampok guna mencegah stunting.

“Ini merupakan inovasi baru program posyandu yang kita namai “Pak Mansyur Asik” (Pil Katuk Mama Menyusui Lancar Asi Eksklusif), yang mana nantinya ibu-ibu yang menyusui anaknya akan kita berikan suplemen dan program ini akan berkelanjutan,” ujarnya.

Kita berharap dengan adanya inovasi program posyandu baru ini bisa mencegah dan bisa menekan angka stunting agar tidak tumbuh kembali.

“Karena kita tahu, angka stunting di Kelurahan Klampok cukup tinggi,” imbuhnya.

Bertepatan dengan launching program posyandu “Pak Mansyur Asik”, Lurah Klampok Mohammad Caesar Alfonso sekaligus mengucapkan selamat Hari Posyandu Nasional Tahun 2024.

“Selamat Hari Posyandu Nasional 2024, semoga dedikasi bidan dan tim kesehatan serta semua kader posyandu bermanfaat untuk warga Klampok,” ucapnya.

Ia pun berharap, dengan adanya program tersebut mudah-mudahan generasi kedepan semua lahir dengan sempurna, tumbuh dan berkembang dengan sehat, menjadi anak yang cerdas dan bisa menjadi calon pemimpin-pemimpin dimasa mendatang, pungkasnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Klampok, Esti Kusuma Dewi sangat mengapresiasi atas dedikasi para bidan wilayah, kader posyandu yang selalu siap dan sigap memberikan pelayanan selama ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Bidan wilayah, kader posyandu yang selalu siap dan sigap memberikan pelayanan,” ucapnya.

Ia pun berharap kesadaran dari ibu dan bapak akan pentingnya kesehatan anak-anak, untuk selalu melakukan pengecekan rutin tumbuh kembang anak-anak di posyandu-posyandu yang ada di kelurahan Klampok.

“Karena di posyandu adalah salah satu cara kita untuk mengetahui tumbuh kembang anak kita seperti apa, dengan bisa dilihat dari grafik yang sudah tercatat di buku KIA masing-masing,” kata Esti.

Jadi, kita tahu apakah pertumbuhan anak kita sehat normal ataukah masuk dalam kriteria stunting, imbuhnya.

Ketua tim Penggerak PKK Esti juga menyampaikan, jangan sampai angka stunting di kelurahan Klampok semakin bertambah, karena masih banyak cara untuk mencegahnya.

“Misalkan dengan rutin melakukan imunisasi dan rutin melakukan pengecekan tumbuh kembang anak, memberikan asi eksklusif kepada anak serta membiasakan untuk hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, membahas terkait nutrisi untuk anak, kami bersama Bapak Lurah Klampok akhirnya membuat inovasi program posyandu yang kita beri nama “Pak Mansyur Asik” (Pil Katuk Mama Menyusui Lancar Asi Ekslusif).

“Yang mana program ini akan kita mulai bulan ini, dengan memberikan pil katuk kepada ibu-ibu yang baru melahirkan yang anaknya usianya 0-3 bulan. Dan nantinya akan kita berikan rutin setiap bulan di 3 Posyandu yang ada di Kelurahan Klampok,” ungkap Esti.

Dikatakan Esti, pemberian asupan suplemen tersebut agar kualitas asi ibu-ibu yang menyusui semakin bagus sehingga melahirkan generasi-generasi yang berkualitas sehat dalam tumbuh kembangnya.

“Saya berharap kepada ibu-ibu yang hadir dan yang masih menyusui, agar tidak ragu-ragu untuk memberikan asi eksklusif nya kepada anak-anak, agar kelak terbentuk menjadi anak yang sehat.

InsyaAllah, ketika masih dalam kandungan sudah diberikan asupan kesehatan nantinya generasi kedepan tumbuh normal dan berkembang dengan baik,” pungkasnya. (rf)