HUT Paguyuban Jawa Kabupaten Buru di Hadiri Istri Gubernur Maluku

Berita, Nasional468 Dilihat

Namlea, Bratapos.com – Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail didampingi Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama Paguyuban Jawa Kabupaten Buru.

Turut hadir Sekda Buru, M Ilias Hamid, anggota DPRD Provinsi Maluku, Ikram Umasugi, Ketua DPRD Kabupaten Buru, M Rum Soplestuny berserta anggota, para pimpinan OPD dilingkup Kabupaten Buru, Ketua PAN Kabupaten Buru, Syamsul A Karim, Ketua DPD NasDem Buru, Muhammad Daniel Regan (MDR) dan Ketua Garda Wanita (Garnita) NasDem Kabupaten Buru, Bella Shofie Rigan, Ketua Ikatan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Kabupaten Buru, Azis Tomia serta tamu undangan dan ribuan masyarakat Jawa yang ada di Bumi Bupolo.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Solidaritas dan Sinergitas Masyarakat Jawa untuk Kemajuan Kabupaten Buru” ini digelar, di Lapangan Desa Waekasar, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Maluku, Minggu (5/11/2023).

Dalam acara ini istri Gubernur Maluku, Murad Ismail menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sebanyak 10 ekor sapi untuk kelompok ternak Waisau, Desa Ubung, Kecamatan Lilialy dan bantuan 10 ekor sapi untuk kelompok ternak Kota Mori, Desa Tanjung Karang, Kecamatan Air Buaya.

Kemudian ada juga bantuan pupuk MgO untuk kelompok tani Kabupaten Buru sebanyak 70 ton dan Widya meresmikan gerakan pangan murah dalam rangka stabilitas pasokan dan harga pangan.

Tak hanya itu, Ketua TP PKK Provinsi Maluku ini menyerahkan doorprize hadiah untuk satu unit motor yang telah disediakan panitia kepada pemenang doorprize tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Sugeng Widodo mengatakan pada perayaan HUT yang pertama Paguyuban Jawa Kabupaten Buru ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

“Pada Hari Ulang pertama ini ada beberapa kegiatan dalam bentuk doa bersama, santunan anak yatim, doorprize, acara ramah tama dan hiburan rakyat,” ucapnya.

Ia menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Paguyuban Jawa Kabupaten Buru sebagai media silaturahmi masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Buru.

“Dengan mempererat tali kesatuan dan persatuan sebagai wujud sungguh kehadiran Allah SWT yang telah memberikan karunianya kepada Paguyuban Jawa Kabupaten Buru yang telah berusia satu tahun,” ungkapnya.

Atas nama panitia, ia mengucapkan terima kasih terhadap Ibu Ina Latu Maluku, Penjabat Bupati Buru, pimpinan DPRD Kabupaten Buru dan Forkopimda Kabupaten Buru serta tamu undangan dan masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Buru yang telah bersama-sama memeriahkan HUT Paguyuban Jawa Kabupaten Buru.

“Permohonan maaf atas nama panitia kami sampaikan kepada seluruh masyarakat yang hadir apabila dalam pelaksanaan HUT Paguyuban Jawa Kabupaten Buru yang ke 1 terdapat hal-hal yang kurang dan tidak berkenan dapat dimanfaatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Jawa Kabupaten Buru, Agus Supriyanto, mengatakan kehadiran Paguyuban Jawa Kabupaten Buru sebagai bentuk wadah pemersatu masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Buru ini.

“Oleh karena itu, diperlukan optimisme dan kerjasama dari kita semua, serta diperlukan kesatuan dan kebersamaan untuk membangun Kabupaten Buru,” ujarnya.

Sugeng menegaskan, untuk membangun suatu daerah perlu adanya kebersamaan dan kerja keras dari masyarakat dan pemerintah.

“Saya yakin dan percaya dengan kesatuan, kebersamaan dan kerja keras kita semua. Insya Allah apa yang menjadi cita-cita dari pemerintah Daerah Kabupaten Buru maupun Provinsi Maluku semua bisa tercapai,” tutupnya.

Reporter : SK