Histeriss, Pohon Jati Besar Ambruki Rumah Warga

KEBUMEN || Bratapos.com – Pohon jati setinggi 20 meter tumbang menimpa rumah Supriyanto (47) warga Kelurahan Plarangan, Kecamatan Karanganyar, Kebumen.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi pada Kamis, 4 Januari 2024, sekitar Pukul 16.00 WIB.

Atap rumah korban mengalami kerusakan, terutama pada bagian ruang tamu dan beberapa kamar atapnya ambruk. Ukuran pohon jati lumayan besar,” jelas AKP Heru, Jumat 5 Januari 2024.

Menurut AKP Heru, pohon jati tumbang dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi sehingga tanah menjadi gembur. Lalu pohon tertiup dan jatuh ke rumah korban.

Dari kejadian itu, Polsek Karanganyar bersama dengan TNI, BPBD, Kecamatan, Kelurahan Plarangan, serta warga setempat membantu membersihkan puing-puing di rumah korban. Korban mengalami kerugian material kurang lebih 25 juta Rupiah.

Selain di Karanganyar, akibat hujan deras juga terjadi longsor di Desa Tegalrejo, Kecamatan Poncowarno, Kebumen, pada hari yang sama sekitar pukul 16.00 WIB.

Akibatnya tanggul sepanjang 10 meter di dekat rumah Ridwan longsor dan rusak. Tanggul yang terbuat dari genteng yang disemen longsor ke sungai.

Dalam peristiwa itu juga tidak ada korban jiwa. Namun tanggul mengalami rusak parah. (Arifin)