Hibah UMKM Diduga Dibuat Banca’an Oleh Diskoperindag, Usai Eks Kadiskoperindag Ditetapkan Tersangka, Kini 2 Pejabat Ditetapkan Tersangka

GRESIK || Bratapos.com. Usai pimpinannya Malahatul Fardah eks Diskoperindag Kabupaten Gresik ditetapkan tersangka dan kini meringkuk dalam sel tahanan Banjarsari Cerme, dugaan tindak pidana korupsi dana hibah UMKM tahun anggaran 2022 di Diskoperindag Gresik. Kini penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik kembali menetapkan dua orang tersangka baru.

Dua orang tersangka baru diantaranya Joko Pristiwanto. Tersangka Joko diketahui menjabat sebagai Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa (PPBJ) Diskoperindag Gresik. Sedangkan satu tersangka lainnya Dr. Fransiska Dyah Ayu Puspitasari, yang menjabat sebagai Kabid Koperasi dan UKM Diskiperindag Gresik.

Penambahan dua tersangka ini hasil pengembangan penyidikan bahwa dua orang pejabat yang saat ini masih aktif itu diduga ikut serta dan berperan aktif atas penyaluran dana hibah ke pelaku KUM yang mengakibatkan kerugian negara.

“Hari ini, penyidik telah menetapkan dua orang tersangka baru yakni tersangka Fransiska dan Joko. Keduanya saat ini masih aktif menjabat di Diskoperindag Gresik. Pada perkara ini keduanya diduga ikut bersama-sama dan turut serta atas dugaaan tindak pidana korupsi hibah di UMKM,” jelas Kasipidsus Kajari Gresik, Alifin N Wanda pada Senin (26/02/2024).

Masih menurut Alifin, penetapan tersangka ini, berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Kejaksaan Negeri Gresik Nomor : Print-361/M.5.27/Fd.2/02/2024 tanggal 26 Februari 2024, atas nama tersangka Joko Pristiwanto, S.E dan Surat Penetapan Tersangka Kejaksaan Negeri Gresik Nomor : Print-362/M.5.27/Fd.2/02/2024 tanggal 26 Februari 2024, atas nama tersangka Dr. Fransiska Dyah Ayu Puspitasari, S.Psi., M.M.

“Namun saat ini kedua orang tersangka belum dilakukan penahanan oleh penyidik. Pasalnya, proses penyidikan masih terus dikembangkan dan juga masih proses pemberkasaan,” ujar Alifin.

Setelah penambahan dua tersangka baru, pada perkara dugaan penyalahgunaan pokir hibah UMKM ini, total ada 4 tersangka. Satu tersangka dari penyedia barang (ditahan), dan tiga tersangka dari dinas Diskoperindag Gresik, salah satunya mantan Kadisperindag Malahatul Fardah.

Pewarta Jamal Sintaru