Hari Pendidikan Nasional 2024, Pemkab Banyuwangi Tampilkan Beragam Kreativitas Pelajar

BANYUWANGI || Bratapos.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Banyuwangi diperingati dengan meriah. Beragam kreativitas para siswa ditampilkan dalam rangkaian Peringatan Hardiknas 2024 yang digelar di halaman Kantor Bupati Banyuwangi, pada Kamis (02/05/2024).

Upacara dimeriahkan atraksi ratusan siswa pelajar tingkat sekolah dasar (SD) yang menarikan tarian Buto Kuntul. Sebanyak 150 pelajar SD tersebut membawakan tari hasil kolaborasi Tari Jaranan Buto dan Tarian Kuntulan dengan sangat atraktif.

Tarian ini memadukan dua tarian yang berbeda. Jaranan Buto berangkat dari legenda cerita rakyat, sedangkan tarian Kuntulan adalah tarian yang mengungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan YME.

“Tarian ini sebagai bentuk bagaimana karakter itu dibentuk, dan bagaimana kita menjaga hubungan dengan Alloh SWT, juga hubungan dengan sesama manusia. Karakter itu sendiri menjadi bagian penting dari sebuah pendidikan,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani secara terpisah.

“Ini menunjukkan bahwa pelajar di Banyuwangi harus turut melestarikan kesenian daerahnya agar terus lestari,” imbuh Ipuk.

Selain atraksi seni, juga ditampilkan kreativitas siswa dalam sebuah pameran. Beragam karya pelajar SMP/SMA dihadirkan seperti ketrampilan robotika, membatik dan hasil kopi olahan pelajar. Juga ada produk laundry (bahan pencuci baju), lilin arometeraphy, sampai mesin pengeram telur.

“Mesin pengeram telur ini digunakan untuk mempercepat pengeraman telur. Kami membuatnya di ekstrakulikuler karya ilmiah pelajar (KIR) dan robotika,” kata Citra Dinda, siswi kelas 10 MAN 1 Banyuwangi.

Selain pameran karya pelajar, Peringatan hari Pendidikan Nasional juga dimeriahkan dengan Festival Clay yang diikuti puluhan pelajar PAUD/TK se Banyuwangi. Pada festival tersebut anak-anak diajak berkreasi menggunakan clay yang terbuat dari bahan tepung.

“Kami mengajak anak-anak untuk berkreasi dan merangsang imajinasi serta kreatifitasnya,” ujar Diana salah satu guru pembimbing.

Hari Pendidikan Nasional juga diperingati dalam sebuah upacara dengan Asisten Administrasi Umum Ustadi Yudawanto selaku pemimpin upacara. Dalam sambutannya, dia mengajak segenap guru dan semua stakeholder pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berpihak pada murid.

“Untuk mewujudkannya, murid-murid  harus selalu didorong untuk menjadi pembelajar yang aktif, kreatif dan kritis. Bekali juga dengan ketrampilan yang dibutuhkan di era digital,” ujarnya saat membacakan sambutan dari Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Upacara tersebut diikuti perwakilan unsur Korpri, pelajar dan mahasiswa se Banyuwangi. Upacara juga diikuti para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Banyuwangi.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor