Deklarasi pemilu Damai, Kapolres Pringsewu Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Jaga Kondusifitas keamanan Selama Pemilu

Berita, Terbaru180 Dilihat

Pringsewu, Brata Pos – Polres Pringsewu telah menjadi saksi sejarah dalam pelaksanaan deklarasi Pemilu Damai sebagai wujud komitmen bersama untuk memastikan keamanan dan harmoni dalam Pemilihan Umum 2024. Deklarasi yang berlangsung di aula Mapolres setempat pada Senin (13/11/2023), dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan partai politik, unsur keamanan, dan pihak terkait lainnya.

Selama acara, terdapat penandatanganan komitmen damai oleh perwakilan partai politik, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan pihak terkait lainnya. Tindakan ini menjadi simbol komitmen untuk tidak terlibat dalam politik destruktif, membangun pemahaman yang lebih baik antarpartai, serta memastikan kampanye dilakukan dengan cara yang etis dan santun.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, menekankan pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama proses pemilu. Ia juga menegaskan komitmen Polres Pringsewu untuk memberikan perlindungan dan pengawalan selama tahapan pemilu berlangsung.

“Pemilu adalah peristiwa besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mari kita bersama-sama menjaga suasana damai, menghormati perbedaan pendapat, dan menunjukkan kematangan politik dalam menyikapi perbedaan,” ujar Kapolres saat memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

Sekretaris KPU, Ari Mulando, mewakili Ketua KPU, mengajak seluruh pihak untuk menjaga kondusifitas agar pemilu di Kabupaten Pringsewu dapat berlangsung dengan baik. Ia juga menyoroti pentingnya netralitas ASN dan apparat keamanan serta menekankan untuk menghindari polarisasi selama pelaksanaan pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu, M. Fathul Arifin, menyampaikan bahwa pemilu adalah sarana untuk mempersatukan bangsa, mengintegrasikan masyarakat, dan mewujudkan kesejahteraan bangsa. Ia juga mengingatkan tentang tiga isu utama yang perlu diwaspadai, yaitu politik uang, netralitas ASN TNI dan Polri, serta politisasi sara, ujaran kebencian, dan hoax.

“Mari hindari politik transaksional yang dapat merugikan proses demokrasi di Kabupaten Pringsewu. Perbedaan pilihan itu adalah hal biasa, namun perpecahan adalah sesuatu yang tidak biasa dan perlu diwaspadai,” ungkapnya.

Deklarasi Pemilu Damai di Polres Pringsewu dihadiri oleh Penjabat Bupati Pringsewu yang diwakili oleh Asisten bidnag administrasi umum, Hasan Basri, Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf. Vicky Herus Harsanto, Ketua Bawaslu M. Fathul Arifin, Sekretaris KPU Ari Mulando, Kepala Badan Kesbangpol Sukarman, dan para ketua partai politik di Kabupaten Pringsewu.

Writer: hepiEditor: wit