Bupati Grobogan Dampingi Kunjungan Kerja Plt Sekjen Kementan RI

GROBOGAN || Bratapos.com Kunjungan kerja Plt Sekjen Kementerian Pertanian RI beserta rombongan dalam rangka meninjau lokasi PAT (Perluasan Areal Tanam) di Desa Karangharjo Kecamatan Pulokulon Jumat (19/04/24), merupakan salah satu upaya percepatan tanam dalam rangka antisipasi darurat pangan di Wilayah Kabupaten Grobogan.

Rombongan juga meninjau sistem pompanisasi lahan pertanian di wilayah tersebut, dilanjutkan tatap muka serta dialog bersama anggota kelompok Tani Melati Desa Karangharjo.

Bupati Grobogan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Sekjen Kementan beserta rombongan.

“Dalam waktu satu musim tanam se-Kabupaten Grobogan hasil panen padi mencapai 1 juta ton, Kami mohon dalam peningkatan produksi padi di Kabupaten Grobogan agar antar instansi bahu membahu sehingga  masalah pupuk bisa teratasi supaya jangan di persulit karena petani ini merupakan ujung tombak dalam swasembada pangan,” pinta Sri Sumarni.

Sementara itu, menurut keterangan Prihasto Setyanto disebutkan kondisi darurat pangan dalam setiap bulan penanaman padi minimal 1 juta Ha, jika tidak tercapai maka terjadi krisis pangan dan berujung impor.

“Terjadinya impor bukan Indonesia saja, banyak negara yang terkena dampak elnino antara lain negara Thailand, Vietnam, India bahkan China pun terdampak elnino, alhamdulillah kemaren saya lihat di Kabupaten Pati, Blora dan arah Kabupaten Grobogan sepanjang jalan rata-rata tertanami padi semua meskipun dari petani hanya mengandalkan air hujan,” terangnya.

Dengan kunjungan ini diharapkan, Petani bisa memperoleh hasil panen sehingga Kabupaten Grobogan bisa swasembada pangan dan tidak terjadi darurat pangan seperti yang dikhawatirkan. (Arifin)

Writer: ArifinEditor: Widiya