Berpotensi Berlabel Internasional,Pj Gubernur Dukung Borobudur Marathon Jadi Event Lari Terbaik

MAGELANG || Bratapos.com – Sebanyak 10.453 pelari dari dalam maupun luar negeri akan meramaikan event Borobudur Marathon di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada hari Minggu, 19 November 2023.
 
“Jadi, event ini merupakan kolaborasi ke tujuh. Ini akan menjadi event tahunan, dan kita harapkan akan semakin meningkat. Tujuan kita untuk ke depan, akan menjadi event internasional,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M., saat menghadiri Konferensi Pers Borobudur Marathon by Bank Jateng di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Magelang, Sabtu (18/11/2023).

Saat ini, lanjutnya, Borobudur Marathon yang diprakarsai oleh Bank Jateng bersama Harian Kompas ini merupakan event lari terbaik di tingkat nasional. Maka, pihaknya meminta agar penyelenggaraan event tersebut bisa ditingkatkan ke level internasional, seperti Tokyo Marathon atau Berlin Marathon. 

Dalam mewujudkan hal itu, tentunya penyelenggaraan Borobudur Marathon harus lebih profesional dan juga berkolaborasi dengan berbagai pihak guna meningkatkan eksistensi serta mendukung kesuksesan ajang bergengsi tersebut.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan, Borobudur Marathon tahun ini menghadirkan Delegasi Teknis dari Asosiasi Marathon Dunia, Richard Welsh. 

Nantinya Richard akan mengeveluasi seluruh persiapan dan penyelenggaraan Borobudur Marathon. Sebab, Ia bercita-cita ingin menjadikan kompetisi bergengsi itu sebagai salah satu event atletik berlabel internasional.

“Mengapa itu penting? karena kita ingin meningkatkan Borobudur Marathon pada level standar internasional,” katanya. 

Lebih lanjut, Budiman menyampaikan, kompetisi utama Borobudur Marathon ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni 10K, half maraton (21K) dan marathon (42K). Jumlah peserta dalam setiap cabang, yaitu kategori 10K diikuti 4.159 orang, half marathon 4.646 orang dan marathon sebanyak 1.663 orang. Sehingga, total pelari yang tergabung sebanyak 10.453 orang. 

Dari seluruh jumlah peserta, 78 orang di antaranya merupakan pelari dari 24 negara. Pihaknya menyampaikan, banyaknya peserta dari luar negeri yang antusias mengikuti ajang tersebut merupakan hasil dari konsistensi penyelenggaraan Borobudur Marathon selama ini.