Babinsa Bantu Petani Kendalikan Serangan Hama Tikus

GROBOGAN || Bratapos.com – Babinsa Koramil 07/Wirosari Kodim 0717/Grobogan Sertu Sugiyanto bersama masyarakat melaksanakan pemberantasan serangan hama tikus dengan cara gropyok tikus untuk mengendalikan populasinya agar tidak semakin banyak, di areal persawahan Dusun Bulu Desa Kropak Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. Jumat (03/05/24).

Tikus sawah adalah salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan para petani, sehingga Bintara Pembina Desa (Babinsa) berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mendampingi Kelompok Tani (Poktan) untuk pemberantasan hama tikus semenjak masa tanam sampai dengan panen padi.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa mengatakan, kegiatan ini dinilai efektif memberantas tikus yang menyerang tanaman padi di persawahan petani. Selain menggunakan musuh alami dari tikus itu sendiri yang berupa burung hantu dan ular sawah, karena populasi perkembang biakan tikus sangat cepat sekali.

”Meningkatnya luas serangan hama tikus juga dapat disebabkan oleh karena tidak adanya antisipasi berupa gerakan masal intensif pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum tanam, selain itu kebanyakan petani terburu waktu untuk segera tanam padi kembali dan tidak memberikan jeda waktu untuk melakukan gerakan masal secara serentak dalam mengantisipasi hama tikus. Dengan latar belakang di atas antara lain menjadi dasar PPL, Babinsa bersama Kelompok tani, agar serangan hama tikus dapat terkendali, maka dari itu perlu inisiatif melakukan gerakan masal intensif pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum musim tanam,” ujarnya.

Sementara itu Sutadi (42) Kadus Bulu mengatakan, dari aksi gropyok tikus yang dilaksanakan kali ini dapat membunuh ratusan ekor tikus, sehingga dapat mengurangi populasi hama.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan dilaksanakan dengan sepenuh hati agar hasil yang diperoleh meningkat sehingga petani lebih sejahtera,” pungkasnya. (Arifin)

Writer: ArifinEditor: Widiya