Apel Hari Pendidikan Nasional, Bertema: Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

PROBOLINGGO//Bratapos.com – Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan apel Hari Pendidikan Nasional di alun-alun kota Kraksaan pada hari Kamis (02/05/2024). Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat pemerintah, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos. Kajari David Palapa Duarsa, Ketua Pengadilan, Bapak Yusti Cinianus Radjah, S.H. Kapolres. M.Si, AKBP Wisnu Wardana, Dandim Letkol Arh. Arip Budi Cahyono dan seluruh jajaran pemerintahan kabupaten Probolinggo.

Sebagai peserta apel, dihadiri perwakilan dari guru, siswa, dan mahasiswa, dengan mengusung tema: ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’ yang menekankan pentingnya kolaborasi dan kesinambungan dalam mengembangkan dunia pendidikan. Tema tersebut mencerminkan semangat untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan kesempatan belajar yang merata bagi seluruh masyarakat.

Dalam keterangannya kepada awak media, Ugas Irwanto Pj Bupati Probolinggo mengatakan, “Kita ingin mengangkat dari pendidikan nasional, para guru para insan lembaga pendidikan mau berkarya lagi lebih semangat menuju peningkatan indikator yang sudah mulai launching, tetapi kita masih jauh lah dari yang lain, ini yang membuat kita bersinergi bersama-sama dan momentum sekarang ini. Kita buktikan bagaimana pendidikan terus melaju, jangan sampai masyarakat Probolinggo ketinggalan dalam dunia pendidikan melalui menerima informasi dan harus sekolah, sekolah, sekolah biar kita tidak ketinggalan lagi.”

Mengenai perihal kesenian di Kabupaten Probolinggo, ia menanggapi, “Saya sudah terus mencari informasi terus mengembangkan bakat generasi muda karena selama kita mau pasti bisa, kenapa selama ini hilang? Karena kita sadari kita semua jujur melupakan tari glipang yang sudah diakui internasional. Maka hari ini kita angkat lagi, kita harus punya kebanggaan dan jangan melupakan sejarah.” Ucapnya. Ia berencana kedepannya di dunia kebudayaan dan seni membuat bidang budaya yang akan terus memompa dan mengkader, apalagi sekarang sudah ada gedung kebudayaan untuk terus melatih dan berdiskusi bagaimana sekiranya glipang ini kembali seperti semula.

“Saya sampai hari ini memang belum melihat generasi muda sehebat kemarin, karena ada tantangan sendiri kedepannya mau saya khusus betul-betul mewakili Kabupaten disaat ada acara resmi. Hari ini saya masih belum melihat, di lomba-lomba itu masih lemes. Karena banyak kreasi dengan cewek-cewek, padahal kalau dulu kan cowok semua karena pesilat, ya minimal menuju sempurna lah, tapi terus selama kita mau belajar mau termotivasi. Semua yang kita lakukan untuk Probolinggo itu pahala.” ungkapnya.

Berbagai kegiatan diadakan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional, penampilan seni dari siswa, serta pemberian penghargaan kepada mereka yang berprestasi

Usai dari kegiatan Apel Hari Pendidikan Nasional. Dwi Joko Kadis Dikdaya Kabupaten Probolinggo memberikan keterangan kepada awak media, ia menjelaskan “Jadi di dalam acara ini saya ingin menunjukkan bahwa Probolinggo itu dari prestasi talenta tidak kalah dari yang lain, Jadi ayo Probolinggo bisa, dengan adanya seperti ini bisa meningkatkan semangat mereka, Probolinggo juga tidak kalah dari kota-kota lain. Jadi ini adalah kebangkitan Kabupaten Probolinggo untuk mengejar ketertinggalan dengan Kabupaten Kabupaten lain. InsyaAllah bisa.” Ujarnya.

Reporter: Jhon Qudsi

Editor/ Publisher: Shelor.