84 Jama’ah Haji Non KBIHU Wilayah Rogojampi, Ikuti Bimbingan Manasik Haji

BANYUWANGI || Bratapos.com – Sebanyak 84 Jama’ah Haji Non KBIHU wilayah Kecamatan Rogojampi dan sekitarnya, mengikuti materi Bimbingan Manasik Haji dan Pentingnya Kemandirian Jama’ah dalam menjalankan ibadah. Hal ini disampaikan oleh Syafaat di Masjid Amal Bakti Muslim Pancasila, pada Rabu (01/05/2024).

Ketua Koordinator pelaksana kegiatan, Asrori menyampaikan, bahwa kelompok ini telah melakukan Bimbingan Manasik Haji dengan menghadirkan Narasumber yang berkompeten.

“Terutama dari ASN Kementerian Agama yang pernah bertugas sebagai PPIH Kloter,” ujar Asrori.

Sementara Kepala KUA Kecamatan Rogojampi, H.Rosyidin mengatakan, KUA Kecamatan melaksanakan Manasik Haji sepanjang masa, sehingga sudah menjadi kewajiban untuk memfasilitasi kelompok yang ingin mengikuti bimbingan Manasik Haji.

“Untuk Jama’ah Haji yang berangkat tahun ini, satu bulan sekali diadakan bimbingan manasik,” kata Rosyidin.

Khairul Anam, salah satu Jama’ah Haji mengungkapkan, meskipun dari Kementerian Agama ada jadwal Manasik Haji selama enam hari, pertemuan seperti ini juga sangat bermanfaat. Terutama bagi dirinya yang disibukkan dengan pekerjaan sebagai Camat Blimbingsari, tidak dapat mengikuti dengan penuh kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan di hari kerja.

“Metode Bimbingan Manasik Haji dengan sistem diskusi seperti ini sangat menarik, terlebih dengan petugas haji dan Narasumber yang berkompeten,” ungkapnya.

Selaku Narasumber sekaligus Ketua PPIH Kloter, Syafaat menyampaikan tentang tehnis pelaksanaan haji, mulai dari kegiatan di asrama hingga kegiatan selama di Saudi Arabia. Menariknya, Syafaat juga menambahkan perihal tempat-tempat Ziarah selama menunaikan Ibadah Haji.

“Selama pelaksanaan Ibadah Haji, setiap Jama’ah yang melakukan aktivitas diluar kegiatan bersama, agar melapor kepada petugas kloter,” tutupnya.

Pewarta : Ruslan AG
Editor/Publisher : Shelor