147 Views
oleh

Terkait Kondisi Jalan yang Rusak, Pemkab Kebumen Usulkan Perbaikan 13 Ruas Jalan ke Kementerian PUPR

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat tinjau sejumlah titik jalan yang perlu perbaikan (foto: istimewa)

KEBUMEN || Bratapos.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam hal ini Bupati Kebumen Arif Sugiyanto telah berkirim surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia terkait permintaan bantuan perbaikan ruas jalan di sejumlah titik di Kebumen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kebumen Joni Hermawan menyatakan setidaknya ada 13 ruas jalan yang diusulkan kepada Kementerian PUPR untuk diperbaiki. Mengingat anggaran Pemerintah Kabupaten Kebumen sangat terbatas.

“Ini adalah salah satu upaya kita untuk bagaimana jalan-jalan yang kondisinya rusak saat ini bisa diperbaiki. Jadi kami sudah berkirim surat ke Kementerian PUPR agar ada bantuan perbaikan jalan di Kebumen,” ujar Joni dalam keterangannya, Rabu ( 30/12/22) .

Joni menuturkan, surat permohonan bantuan perbaikan jalan sudah dikirim pada 28 September 2022 dengan No. Surat: 160/1609. Dari 13 ruas jalan yang diusulkan itu, satu di antaranya sudah diakomodir, yakni jalan Purwodeso Petanahan dengan anggaran yang diusulkan sebesar Rp11 Miliar.

“Dan Alhamdulillah anggaran yang diberikan pemerintah pusat justru malah bertambah menjadi sebesar Rp18 Miliar dari usulan semula sebesar Rp11 Miliar,” terang Joni.

Anggaran tersebut kata Joni, sudah langsung dikerjakan untuk pengerjaan jalan Purwodeso Petanahan, dan sampai saat masih dalam tahap pengerjaan. Joni berharap pemerintah pusat bisa mengakomodir lagi usulan perbaikan jalan yang diajukan oleh pemerintah daerah.

Adapun 13 ruas jalan yang diusulkan yakni:

  1. Jalan Selokerto-Buayan, Rp10,5 M
  2. Gombong-Kuwarasan, Rp10,8 M
  3. Wero-Semondo, Rp3,5 M
  4. Purwodeso-Petanahan, Rp11,5 M
  5. Karanganyar-Kemujan, Rp3,5 M
  6. Dorowati-Podourip, 4,2 M
  7. Sruweng-Kritig, Rp3,8 M
  8. Wonosari-Kembaran, Rp7,7 M
  9. Gumenter-Kabuaran, Rp 6,8 M
  10. Kabekelan-Lembupurwo, Rp9,4 M
  11. Gentan-Miritpetikusan, Rp8,4 M
  12. Karangbolong-Ayah, Rp 52,5 M
  13. Pembangunan Jalan Wisata Pandan Kuning sampai Pantai Suwuk, Rp33,55 M.

“Jadi total anggaran perbaikan jalan yang kita usulkan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR sebesar Rp171,3 M. Jadi Pak Bupati sudah mengusulkan itu, dan alhamdulillah beberapa sudah ada yang diakomodir,” terang Joni.

Reporter : Arifin

Editor : indi