148 Views
oleh

Polres Grobogan Blusukan ke Desa Beri Imbauan Antisipasi Orang Tenggelam

Anggota Polres Grobogan saat sambangi warga bari Imbauan (foto: istimewa)

GROBOGAN || Bratapos.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir ini, membuat volume air sungai ataupun air bendungan semakin naik. Dan hal tersebut biasanya dimanfaatkan warga di desa terutama anak-anak untuk berenang ataupun bermain di sungai dan bendungan.

Bagi anak kecil tentunya bermain atau mandi di sungai tanpa pengawasan mengandung resiko yang berbahaya.

Untuk itulah, Kapolres Grobogan Polda Jawa Tengah AKBP Benny Setyowadi memerintahkan anggotanya agar rutin menggelar patroli dialogis ke wilayah masing-masing. Salah satunya membawa misi mengingatkan warga agar lebih hati-hati saat berada di sekitar sungai atau bendungan serta untuk mengawasi anak-anak mereka.

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Grobogan Polres Grobogan, pada Senin, (28/11/2022).

Bhabinkamtibmas Polsek Grobogan Polres Grobogan patroli blusukan desa menyambangi warga yang tinggal di kawasan bantaran sungai dan bendungan ataupun embung guna mengingatkan warga agar selalu berhati-hati saat melakukan aktifitas di sekitar sungai serta melakukan pengawasan kepada para orang tua dan mengingatkan anak-anak agar tidak mandi, berenang ataupun memancing di sungai dan embung.

“Kita ingatkan warga agar hati-hati saat beraktifitas di sekitar sungai, terutama anak-anak kecil dan orang tua. Biasanya malah pada berenang. Disitulah muncul kerawanan korban tenggelam, jika tidak ada orang dewasa yang melakukan pengawasan,” kata Aiptu Suhanto, Bhabinkamtibmas Polsek Grobogan Polres Grobogan.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas Polsek Grobogan Polres Grobogan membeberkan bahwa pada musim hujan seperti ini, justru anak-anak di desa memanfaatkannya untuk mandi ataupun berenang di sungai maupun di embung.

“Sudah menjadi kebiasaan anak-anak mandi di kali atau bendungan. Harapannya tidak terjadi apa-apa. Namun untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik tidak mandi, bermain ataupun memancing di sungai. Dan kepada orang tua jangan lupa berikan pengawasan pada anak anaknya,” pungkasnya.

Reporter : Arifin

Editor : indi