138 Views
oleh

Sebanyak 3.587 Calon Advokat Ikuti Ujian Profesi Advokat III 2022 Peradi

Kegiatan Ujian Profesi Advokat III 2022 Peradi (foto: istimewa)

PATI || Bratapos.com – Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menggelar ujian advokat secara perdana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Perlu diketahui kegiatan bertajuk Ujian Profesi Advokat Gelombang III ini, berlangsung serentak di 50 kota seluruh Indonesia.

Koordinator Wilayah (Korwil) Peradi Jateng, Sunarto mengatakan, khusus Jateng ada sebanyak tujuh kota/kabupaten yang menghelat yakni Semarang, Surakarta, Cilacap, Salatiga, Kendal, Blora dan Pati.

Ini merupakan moment pertama bagi Kota Pati sebagai tempat diselenggarakannya Ujian Profesi Advokat dengan jumlah peserta 20 orang dari 3.587 calon advokat di seluruh Indonesia,” rincinya dalam keterangan tertulis, Senin 28 November 2022.

Sunarto yang akrab disapa Cakto berharap, agar peserta ujian yang lulus nantinya dapat berperan aktif untuk memperbaiki wajah hukum di Nusantara.

“Saya berharap yang ikut UPA hari ini lulus semua, agar kelak setelah diangkat dan diambil sumpah sebagai Advokat dapat berperan aktif memperbaiki wajah hukum di Indonesia,” ujarnya.

Mengingat, lanjut pria yang juga perwakilan PUPA Dewan Pimpinan Nasional Peradi itu, advokat adalah salah satu pilar penegak hukum, sebagaimana diamanatkan UU Advokat no 18 tahun 2003.

“Banyaknya oknum penegak hukum yang terlibat pelanggaran hukum mencederai rasa keadilan, di tengah-tengah merosotnya tingkat kepercayaan masyarakat. Advokat diharapkan menjadi pengawal konstitusi karena sejatinya advokat adalah pengawal konstitusi secara alamiah,” terangnya.

Cakto putra asli Pati yang berdomisili di Kota Semarang ini, mengajak seluruh calon advokat yang mengikuti ujian profesi kali ini untuk ikut bertanggungjawab, serta mendorong perbaikan wajah penegakan hukum di Indonesia.

“Advokat adalah profesi mulia Officium Nobile, hanya bisa dikatakan demikian apabila dalam menjalankan tugas profesi secara benar meninggalkan tindakan kolutif dalam berpraktik,” tegas pria yang juga menjabat Ketua DPC IKADIN Semarang ini.

Reporter : Birin

Editor : indi