388 Views
oleh

Dianggap Kurang Tegas Pemerintahan Daerah, Perangkat Desa Roomo Tak Terima Gaji Sejak Rusdianto Dibui

Gresik || Bratapos.com – Pasca ditahannya Rusdianto Kepala Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Jawa Timur pemerintahan Desa Roomo sedikit tersendat, sebab sampai saat ini belum ada penggantinya pejabat sementara. Akibatnya gaji perangkat dan uang oprasional tidak ada alias nol.

Bahkan kabarnya, untuk menghidupi kebutuhan keluarga, beberapa perangkat agar menyambung kehidupannya mencari uang pinjaman untuk kebutuhan keluarga. Hal itu dibenarkan oleh salah satu perangkat yang enggan disebutkan namanya. Dirinya menceritakan kisah pilunya terhadap wartawan.

“Ketua BPD sudah melayangkan surat kepada bupati melalui camat Manyar sesuai aturan Perbub N0 1 tahun 2022 pasal 131, 135 dan 137. Bupati harus memberhentikan tersangka Rusdianto sementara hingga mempunyai hukum tetap. Kemudian mengangkat Sekdes pejabat sementara untuk menjalankan tugas pemerintahan desa sesuai aturan. Namun hingga sekarang tidak ada kejelasan dan kepastian,” katanya Jumat 25 November 2022.

Pemerintahan Desa Roomo sejak Kades Roomo ditahan oleh Kejaksaan sampai sekarang tidak ada gantinya Kades. Sehingga program di Desa tersendat. Bahkan gaji perangkat dan uang oprasional kebutuhan desa tidak ada.

“Alasannya yang kami terima tidak ada pelantikan dan tidak ada rekom dari camat tentang Sekdes. Padahal menurut UU dan aturan tidak ada satupun melantik sekdes dan rekom Sekdes. Yang ada hanyalah perangkat. Ini ada oknum ditubuh pemerintahan daerah untuk menghambat jalannya roda pemerintahan desa Roomo,” jelasnya.

Dengan adanya ulah oknum pemerintahan daerah, merugikan perangkat. Pasalnya sejak masuk Rusdianto sebagai tersangka tidak menerima gaji dan tidak ada uang operasional.

“Bupati kurang tegas mengambil putusan. Bahkan perangkat untuk menghidupi kebutuhan mencari uang pinjaman untuk kebutuhan keluarga,” jelasnya

Sementara Abu Hasan Kepala Dinas PMD membenarkan uang oprasional dan gaji perangkat selama Rusdianto menjadi tersangka tidak ada. “Sebab PLT masih dalam proses di kecamatan Manyar,” singkat Abu Hasan Kepala PMD, Sabtu 26 November 2022.

Sementara camat Manyar Jainul Arifin mengatakan, sudah saya koordinasikan dengan Kejaksaan tentang Desa Roomo. Bahkan sudah disepakati dengan Bupati.

“Setelah duduk bersama akhirnya Senin besok ini ada keputusan dari pak Bupati. Sebab pak bupati mengambil kebijakan sangat berhati-hati. Sebab jika seperti ini, maka Musrenbang tidak bisa dilaksankan. Maka yang menjadi korban masyarakat,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik satu pekan lalu, dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana APBDes Roomo tahun anggaran 2016 sampai 2018 sebesar 270 Juta. Rusdiyanto Kepala Desa (Kades) Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik dijebloskan ke penjara oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik setelah dilakukan pemeriksaan. Diketahui tersangka datang ke kantor kejaksaan sekitar jam 9.00 Wib. Kemudian dilakukan serangkaian pemeriksaan.

Pada sekitar jam 15.30 Wib, tersangka yang menggunakan rompy warna oranye yang bertuliskan tahanan kejaksaan keluar dari ruang penyidik Pidsus. Lalu dibawa ke Rumah Tahanan Banjarsari Cerme untuk dilakukan penahanan.

Writer: Jamal SintaruEditor: Ika