226 Views
oleh

Derita Mbah Painem: Rumah Terkena Alat Berat Proyek, Ganti Rugi Tak Kunjung Datang

Madiun || bratapos.com – Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih mungkin kalimat tersebut tepat untuk menggambarkan kejadian yang dialami Painem, warga desa Bulakrejo Rt. 10/02 Kec. Balerejo Kabupaten Madiun. Karena terpaksa harus tidur di rumah tetangganya, pasalnya rumah yang ditempati bersama cucunya selama ini tidak sudah dapat digunakan untuk tidur sebab air hujan yang selalu masuk kerumah.

Sebelumnya diketahui rumah Mbah Painem bagian belakang terkena alat berat pembangunan tanggul sungai Jeroan Desa Bulakrejo. Tampak bagian belakang rumah habis dan banyak kayu dan bangunan patah. Sehingga menyebabkan kerusakan diberbagai bagian rumah, dan membuatnya tidak nyaman untuk ditinggali kembali.

“Kulo tileme nunut tonggo mas, menawi jawah toyane mlebet sedoyo dugi amben (saya tidurnya numpang tetangga mas, soalnya kalau hujan airnya masuk sampai tempat tidur),” Ungkap Painem.

“Ngantos sakniki dereng dibenake, kulo namung diparingi arto 1 jt, kalih Pak Lurah ken balekeĀ (sampai sekarang belum diperbaiki, saya hanya dikasih uang 1jt, sama Pak Kades disuruh kembalikan)” Paparnya.

Rumah Painem warga des Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun yang rusak sebab terkena alat berat proyek pembangunan tanggul sungai Jeroan

Sementara itu Kades Bulakrejo Jaenuri, Kamis (24/11/2022). Saat dikonfirmasi awak media membenarkan tentang rumah warganya yang terkena alat berat,

“Saya sudah sampaikan ke pihak proyek untuk segera ada ganti rugi ke rumah warganya. Bahkan waktu itu sudah ada berita acara kesepakatan bersama yang yang ditandatangani pihak PT. Bina Cipta Utama – PT. Bangkit Ampuh Abadi, KSO dengan pihak desa dan diketahui Muspika Kec. Balerejo tanggal 6/10/2022,” Ujar Jaenuri.

“Dalam berita acara disepakati tanggal 10/10/2022 akan melakukan cek lokasi untuk melihat kerusakanya” imbuhnya.

“Tahu-tahu saya mendengar Mbh Painem dikasih uang 1jt. Masa Proyek milyaran ganti rugi cuma 1 jt, akhirmya saya kembalikan. Uang 1 jt kalau untuk memperbaiki kondisi rumah Mbh Painem apa bisa selesai. Saya minta pihak PT untuk segera bertanggung jawab dan segera memperbaikinya,” Pungkasnya.

Reporter : Jhon Mongaz
Editor : AS