168 Views
oleh

DKP Jatim Memfasilitasi Pelaku Usaha Jatim Dengan Pelaku Usaha Sulsel

Surabaya || Bratapos.com – Pada kegiatan misi dagang dan investasi yang dilaksanakan pada kamis, 17 November 2022 di Hotel Claro Makassar Sulawesi Selatan, UKM binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur berhasil menjalin kemitraan dengan pelaku usaha Sulawesi Selatan dengan nilai Rp. 10 M dari Komoditas Ikan Tuna.

Perlu diketahui bahwa komoditasi perikanan asal Jawa Timur yang masuk Ke Sulawesi selatan sangatlah beragam mulai dari ikan segar dan olahan yang didominasi rumput laut, pakan ikan, value added dan berbagai jenis ikan laut dan budidaya dan komoditas hidup yang didominasi benih udang dan benih ikan. Sedangkan komoditas asal Sulawesi Selatan masuk ke Jawa Timur terdiri komoditas segar dan olahan yang didominasi udang (47%), rumput laut, gurita/ cumicumi dan ikan lainnya (ikan terbang, teripang, layang dan cakalang).

Kegiatan ini di hadiri oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Sulawesi Selatan bapak Andi Sudirman Sulaiman dengan di tandai adanya MOU kedua Provinsi dan di ikuti oleh 200 orang yang terdiri dari 50 pelaku usaha Jatim, serta berbagai OPD dan BUMD (Jatim-Sulsel) dan sekitar 100 pelaku usaha Sulsel. Khofifah mengungkapkan Jawa Timur pada kegiatan misi dagang ini bukan hanya sekedar transaksi ekonomi belaka yaitu memperluas jaringan pasar, namun juga jalinan kolaborasi antara Jawa Timur dengan Sulawesi Selatan yang sangat dekat yang memiliki potensi hebat di masing-masing daerah.

Tujuan Misi dagang dan investasi adalah meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan pasar, pendapatan bahan baku substitusi impor, pemenuhan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting untuk memperkecil disparitas harga antar wilayah, penyediaan komoditi tertentu, serta Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Misi Dagang dan investasi antara Jawa Timur dengan Sulawesi Selatan telah mengumpulkan total transaksi sampai dengan Rp 240,23 Miliar.

Writer: ArmanEditor: Ika