105 Views
oleh

Proyek Jalan Tembus RW 03 Desa Ngampelsari Candi Tahun 2019-2020 Berpotensi Bermasalah

Sidoarjo || Bratapos.com – Pembangunan jalan tembus RW 03 Dusun Tawangsari, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo, berpotensi bermasalah. Sebab, lahan yang terlanjur dipakai ternyata ditemukan dilokasi tersebut, dan itu juga tidak tercatat dalam buku peta bidang atau bukan milik tanah negara/ bukan tanah desa ngampelsari.

Diketahui setelah ditelusuri lebih jauh proyek jalan tembus RW 03 senilai Rp.283.136.606 tersebut bersumber dari APBN. Dimana sesuai perundang-undangan yang berlaku bahwa segala penggunaan anggaran negara untuk proyek fisik haruslah berada di atas tanah milik negara atau desa.

“Saat proyek jalan tembus itu kebetulan saya pas belum menjabat sekdes mas, tapi saya tahu ada proyek tersebut dan itu pada masa sebelum kepemimpinan kades yang sekarang” Ucap Sukiaji, Sekdes Ngampelsari Candi saat dikonfirmasi. Pada hari Selasa, 15/11/2022.

Namun meski demikian proyek jalan tembus tersebut diketahui oleh sebagian besar perangkat desa yang ada. Hasil penelusuran selanjutnya bahwa jalan tembus RW 03 tersebut masih milik warga dan belum ada surat pelepasan hak dari pemilik.

“Yang saya tahu itu memakai dana desa mas tahun anggaran 2019-2020 dan sudah melalui Musdes, kami hanya menjalankan tugas dari pak kepala desa yang sekarang sudah tidak menjabat,” Ujar M. Syafi’ul Chamdi, Kasun Tawangsari Desa Ngampelsari.

Perlu diketahui bersama, apabila ada pengerjaan proyek jalan desa ataupun jalan tembus yang masih menjadi milik pribadi, seyogyanya pihak desa mengantongi surat pelepasan hak dari pemilik yang ditujukan untuk pengadaan jalan tembus.

Writer: SultonEditor: Ika