174 Views
oleh

Antisipasi Bencana, LPBI MWC NU Undaan Adakah Pelatihan Kebencanaan Berbasis Masyarakat

Kegiatan Pelatihan Kebencanaan Berbasis Masyarakat di Undaan Kidul (foto: istimewa)

KUDUS || Bratapos.com – LPBI MWC NU Undaan mengadakan kegiatan Pelatihan Kebencanaan Berbasis Masyarakat. Acara diadakan di Balai Desa Undaan Kidul, Kec. Undaan, Kabupaten Kudus, pada Rabu (17/11/2022).

Acara ini diikuti peserta oleh pengurus LPBI Undaan, masyarakat Desa Ngemplak, ibu PKK, perangkat desa, organisasi desa NU dan Banom Ngemplak. Pelatihan ini mengajak pemateri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus.

Kegiatan dibuka langsung oleh Rifan Hamim, selaku Ketua LPBI MWC NU Undaan. Dalam sambutannya ia mengungkapkan pelatihan ini diperuntukkan agar meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Ia juga menambahkan agar ketika terjadi bencana masyarakat dapat menangani.

“Ketika ada kegawat daruratan bencana, masyarakat sudah memiliki penanganannya. Sebab tidak pernah ada yang mengetahui kapan musibah akan terjadi, sehingga perlu adanya antisipasi jika suatu terjadi telah siap dan dapat mengantisipasi”, ujarnya.

Lebih lanjut Rifan Hamim juga mengungkapkan bahwa acara ini turut difasilitatori dan didukung oleh pihak LPBI NU Kudus.

Pelatihan Kebencanaan ini berisi materi mengenai cara menangani kebocoran gas dan kebakaran. Hal ini bisa dilakukan dengan menutup tabung gas dengan main basah atau menutup lubang dari selang dari tabung gas.

Masing masing peserta di suruh melakukan praktek langsung,setelah materi di sampaikan oleh pembina.
“Kami berterima kasih kepada penyelenggara atas di adakanya kegiatan materi dan praktek cara penanggulangan bencana atau musibah,sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai rakyat biasa.”ujar peserta.

Reporter : Nazar

Editor : indi